-->
Motivasi Menulis

Pengertian dan Tujuan Kode Etik Peserta Didik

Pengertian dan Tujuan Kode Etik Peserta Didik - Kode etik merupakan terjemahan dari ethical code yaitu norma- norma yang mengatur tingkah laku seseorang yang berbeda dalam lingkungan kehidupan tertentu, ia berisi rumusan baik-buruk, boleh-tidak boleh, terpuji-tidak terpuji, yang harus dipedomani oleh seseorang dalam suatu lingkungan tertentu.

Kode Etik Peserta Didik

Kode etik juga berasal dari kata kode etik. Kode berarti symbol atau tanda, sedangkan etik berasal dari bahasa latin ethica dan bahasa Yunani ethos. Dalam kedua bahasa tersebut, etik berarti norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran bagi tingkah laku manusia.

Kode etik peserta didik adalah aturan-aturan, norma-norma yang dikenakan kepada peserta didik, berisi sesuatu yang menyatakan boleh-tidak boleh, benar-tidak benar, layak-tidak layak, dengan maksud agar ditaati oleh peserta didik. Aturan tersebut dapat berupa tertulis maupun tidak tertulis. 

Adapun tujuan kode etik peserta didik adalah sebagai berikut :

  1. Agar terdapat suatu standar tingkah laku tertentu yang dapat dijadikan sebagai pedoman bagi peserta didik di sekolah tertentu. Standar demikian sangat penting, mengingat peserta didik di sekolah berasal dari aneka ragam kultur yang membawa aspek-aspek yang ada pada kultur mereka masing-masing.
  2. Agar terdapat kesamaan bahasa dan gerak langkah antara sekolah dengan orang tua peserta didik serta masyarakat, dalam hal menangani peserta didik. 
  3. Agar dapat menjunjung tinggi citra peserta didik di mata masyarakat. Adanya ucapan, tingkah laku dan perbuatan yang pantas, sangat menjunjung tinggi citra dan wibawa peserta didik dan bahkan lembaga pendidikan secara keseluruhan.
  4. Agar tercipta suatu aturan yang dapat ditaati bersama, khususnya peserta didik, dan demikian juga personalia sekolah yang lain. Ketaatan demikian sangat penting, demi menjaga harkat dan martabat kemanusiaan peserta didik secara keseluruhan.


Labels: Ilmu Pendidikan Islam

Thanks for reading Pengertian dan Tujuan Kode Etik Peserta Didik. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian dan Tujuan Kode Etik Peserta Didik"

Back To Top