Motivasi Menulis

Inilah Pentingnya Memahami Variabel Penelitian

Inilah Pentingnya Memahami Variabel Penelitian - Memahami variabel penelitian dan kemampuan menganalisis atau mengidentifikasi setiap variabel menjadi variabel yang lebih kecil ( sub variabel) merupakan syarat mutlak bagi setiap peneliti. Memang mengidentifikasi variabel dan sub-variabel ini tidak mudah, karenanya membutuhkan kejelian dan kelincahan berpikir perilakunya.

Inilah Pentingnya Memahami Variabel Penelitian



Memecah-mecah variabel menjadi sub-variabel ini juga disebut kategorisasi yakni memeceah menjadi kategori-kategori data yang dikumpulkan oleh peneliti. Kategori-kategori ini dapat diartikan sebagai indikator variabel. Dalam contoh kesadaran bermasyarakat, jika akan mengukur apakah seseorang cukup besar atau tidak kesadaran bermsyarakatnya, maka perlu dicari tanda-tandanya, indikatonya, bukti-buktinya.

Dalam penelitian memahami variabel dan kemampuan menganalisis dan mengidentifikasi variabel sangat penting . peneliti juga harus mengetahui jenis- jenis variabel, dan apabila dipeerlukan peniliti juga harus mengkategorikan variabel-variabel yang ada. Tujuannya mengkategorisasikan variabel adalah agar peneliti memahami dengan jelas permasalahan yang sedang diteliti.
Labels: Metode Penelitian

Thanks for reading Inilah Pentingnya Memahami Variabel Penelitian. Please share...!

1 komentar on Inilah Pentingnya Memahami Variabel Penelitian

  1. penting memahami tentang variabel penelitian karna akan mempermudah kita untuk menbuat suatu peelitin nantinya.

    BalasHapus

Back To Top