Pengertian Lembaga Sosial

Pengertian Lembaga Sosial - Dalam bahasa sehari-hari, pengunaan konsep atau istilah lembaga sosial, sering dikacaukan dengan istilah institut atau badan sosial. Untuk lebih jelas akan disajikan letak perbedaan kedua istilah tersebut. Lembaga adalah sistem norma atau aturan-aturan mengenai suatu aktivitas masyarakat yang khusus, sedangkan badan atau institut merupakan kelompok orang terorganisasi yang bertugas melaksanakan aktivitas tersebut. Sebelum membahas lebih lanjut, pengertian mengenai lembaga sosial atau institusi sosial, maka agar tidak membingungkan perlu dibedakan antara istilah lembaga atau institusi dengan istilah organisasi atau badan. Jika ada istilah lembaga atau lembaga pendidikan keguruan, maka badan atau organisasinya adalah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jika ada istilah lembaga atau lembaga agama, maka badan atau organisasinya adalah Instutut Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Buddha, dan lain-lain. 


Pengertian Lembaga Sosial


Bedakan konsep antara universitas dengan Universitas Pendidikan Indonesia.

Agar lebih jelas lagi dalam menarik kesimpulan mengenai definisi tentang lembaga sosial tersebut, maka perlu dipelajari beberapa pengertian lembaga sosial tersebut menurut para ahli Sosiologi sebagai berikut.

1. Teori P.B. Harton dan C.L. Hunt
Secara teoritis, Harton dan Hunt menjelaskan bahwa lembaga sosial adalah suatu sistem norma yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan kemasyarakatan yang berguna bagi kehidupan manusia. Lebih lanjut juga dijelaskan bahwa, lembaga sosial dapat pula diartikan sebagai keseluruhan tata kelakuan atau kebiasaan yang berkaitan dengan kebutuhan pokok manusia.

2. Teori Bruce J. Cohen
Menurut Cohen, yang dimaksud dengan lembaga sosial adalah suatu sistem pola sosial yang tersusun secara rapi dan bersifat permanen, memuat perilaku tertentu yang kokoh dan terpadu dalam rangka memuaskan atau memenuhi kebutuhan pokok manusia dalam kehidupannya.

3. Koentjaraningrat
Hal senada disampaikan oleh Koentjaraningrat yang menjelaskan bahwa, lembaga sosial adalah suatu sistem norma khusus yang menata serangkaian tindakan yang berpola untuk keperluan khusus manusia dalam kehidupannya. Dari definisi yang diungkapkan oleh para ahli tersebut, dapat diambil beberapa unsur penting yang ada dalam lembaga sosial, yakni sebagai berikut.

  1. Lembaga sosial berkaitan erat dengan kebutuhan pokok manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini berkaitan dengan hakikat dari manusia sebagai makhluk biologis, psikologis, dan makhluk sosiologis.
  2. Lembaga sosial merupakan cara bertindak yang mengikat.
  3.  Lembaga sosial merupakan sustu organisasi yang tersusun dan terstruktur.
  4. Lembaga sosial merupakan organisasi yang relatif tetap.


Berdasarkan teori dan konsep tersebut di atas, maka dapat disimpulkan
bahwa, lembaga sosial adalah suatu sistem norma tentang aktivitas masyarakat yang bersifat terarah dalam rangka melangsungkan kehidupan bermasyarakat dan memenuhi segala kebutuhan pokok manusia. Pengertian ini berbeda dengan badan atau organisasi yang berarti sekelompok orang yang membentuk suatu badan atau organisasi yang berperan dalam mengkoordinasikan dan melaksanakan aktivitas masyarakat tersebut.

Lembaga sosial merupakan sistem norma tentang aktivitas masyarakat yang bersifat terarah dalam rangka melangsungkan kehidupan bermasyarakat dan memenuhi segala kebutuhan pokok manusia. Sebagaimana telah dikemukakan di muka, tujuan lembaga sosial adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia atau melangsungkan kehidupan bermasyarakat. Lembaga sosial memiliki beberapa fungsi yang sangat fundamental, yakni sebagai berikut.

  1. Lembaga sosial berperan dalam memberi arahan dan pedoman kepada warga masyarakat untuk dapat menyelaraskan diri dengan norma yang berlaku dalam masyarakat dalam mencapai atau memenuhi kebutuhan pokoknya.
  2. Lembaga sosial berfungsi sebagai stabilisator dan dinamisator dalam kehidupan bermasyarakat, dalam rangka untuk mengembangkan kualitas proses sosial.
  3. Lembaga sosial memiliki fungsi kontrol atau social control terhadap aktivitasaktivitas kemasyarakatan.
  4. Lembaga sosial merupakan sarana yang efektif untuk menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat, dan menjaga integritas kepribadian bangsa.
  5. Lembaga sosial berfungsi sebagai dinamisator dalam mengembangkan kehidupan bermasyarakat.



Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 10/30/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Lembaga Sosial yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

1 komentar:

Poskan Komentar

Back to top