Pengertian Getaran

Pengertian Getaran - benda bergerak dari titik seimbang P ke posisi Q dan O secara bolak-balik dan berulang secara periodik. Jika benda yang bergetar berhenti, maka benda itu berhenti di titik P. Titik P disebut titik seimbang.

Getaran

Gerak bolak-balik secara periodik (berulang) melalui titik keseimbangan disebut gerak getaran. Setiap benda yang bergetar memiliki frekuensi, periode dan amplitudo (simpangan maksimum). Frekuensi, amplitudo, dan periode antara dua getaran dapat bernilai sama, dapat pula berbeda.
Getaran pada benda dapat berupa:
a. Getaran ujung batang
b. Getaran selaras
c. Ayunan sederhana

semuanya mempunyai frekuensi tunggal, maka sering disebut getaran tunggal. Getaran tunggal yang lintasannya berupa garis lurus disebut getaran selaras. Getaran tunggal yang terjadi pada peristiwa ayunan disebut ayunan sederhana. Titik P disebut titik seimbang, simpangan terjauh dinamakan amplitudo (A). Pada getaran batang dan ayunan sederhana jarak P′Q : P′O : A (amplitudo). Gerak dari O - P - Q - P - O disebut satu getaran sempurna.


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 9/04/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Getaran yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top