Motivasi Menulis

Hakikat Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Hakikat Pembangunan Berwawasan Lingkungan - Dalam pelaksanannya, pembangunan harus diatur agar tidak mengganggu unsur-unsur lingkungan hidup. Pembangunan harus berwawasan lingkungan, yaitu dengan upaya sadar dan terencana menggunakan dan mengelola sumber daya secara bijaksana yang berkesinambungan untuk meningkatkan mutu kehidupan.

Hakikat Pembangunan Berwawasan Lingkungan


Untuk mencapai tujuan pembangunan berwawasan lingkungan, berbagai upaya perlu dilakukan, misalnya:
  1. menyatukan persepsi tentang pelestarian lingkungan,
  2. menjaga kestabilan populasi flora dan fauna di bumi,
  3. menjaga penggunaan sumber daya yang dapat diperbarui,
  4. menggunakan sumber energi dengan hemat, efisien, dan tidak membahayakan lingkungan,
  5. mengembangkan dan menerapkan teknologi yang mendukung pengelolaan dan pengembangan lingkungan,
  6. melaksanakan program ekonomi berstrategi pengelolaan sumber daya yang bijaksana dan mengembangkan kelestarian lingkungan, dan
  7. mengefektifkan pelaksanaan peraturan-peraturan konservasi keanekaragaman hayati.


Pada hakikatnya pembangunan berwawasan lingkungan menekankan pada pelaksanaan peningkatan kesejahteraan manusia tanpa merusak lingkungan. Peningkatan kesejahteraan dapat dilakukan dengan membangun sarana-sarana ekonomi, sosial, kesehatan, dan sebagainya. Hendaknya dalam pembangunan sarana-sarana tersebut harus mempertimbangkan kelestarian sumber daya alam dan lingkungan.

Kita tentu tidak boleh membangun lapangan golf, rumah-rumah peristirahatan atau vila di daerah tangkapan air atau di lereng-lereng perbukitan. Selain mengurangi kemampuan menyerap air, pembangunan sarana tersebut dapat mengakibatkan longsor dan banjir.

Di samping pembangunan berwawasan lingkungan muncul konsep baru dalam pembangunan, yaitu pembangunan berkelanjutan. Pembangunan berkelanjutan bertujuan mewujudkan keberlanjutan sumber daya alam untuk mendukung kesejahteraan manusia seutuhnya. Artinya, prioritas utama ditujukan pada upaya pelestarian kualitas lingkungan. Definisi lain menyatakan bahwa pembangunan berkelanjutan bertujuan pada tersedianya sistem, program, sarana prasarana, sumber daya manusia, dan dana untuk memenuhi kesejahteraan manusia.
Labels: geografi

Thanks for reading Hakikat Pembangunan Berwawasan Lingkungan. Please share...!

0 Komentar untuk "Hakikat Pembangunan Berwawasan Lingkungan"

Back To Top