Motivasi Menulis

Zat-Zat Berbahaya dalam Rokok



a. Nikotin
Nikotin merupakan racun yang terdapat pada tembakau dan dapat menimbulkan efek ketagihan, serta dapat menaikkan tekanan darah. Nikotin bersifat toksik karena pada dosis 60 mg untuk orang dewasa dapat menimbulkan paralisis atau kegagalan pernapasan yang akhirnya dapat menimbulkan kematian. Selain itu, nikotin dapat meningkatkan detak jantung yang berakibat otot-otot jantung bekerja lebih keras dari biasanya, akhirnya otot-otot jantung akan mengalami kerusakan.

Zat-Zat Berbahaya dalam Rokok

b. Karbon Monoksida
Rokok yang dibakar akan mengeluarkan gas karbon monoksida. Orang yang menghisap asap rokok yang mengandung karbon monoksida, akan timbul efek dalam tubuhnya berupa terhambatnya pengikatan oksigen oleh tubuh dan pengiriman oksigen ke dalam sel-sel tubuh yang akhirnya dapat membuat napas menjadi sesak.

c. Tar
Tar merupakan zat kimia yang muncul ketika tembakau dibakar. Tar yang masuk ke dalam tubuh manusia dapat menimbulkan kanker paru-paru.

d. Asam Sianida
Asam sianida merupakan zat racun yang dapat merusak alat-alat pencernaan.

Selain pada rokok, zat adiktif juga terdapat pada minuman keras. Minuman keras mengandung alkohol yang dapat menimbulkan efek ketagihan. Alkohol memberikan efek memabukkan bagi orang yang meminumnya. Alkohol merupakan hasil fermentasi berbagai bahan makanan, seperti gandum, singkong, dan beras ketan. Alkohol telah digunakan sebagai bahan campuran minuman keras dengan kadar tertentu dan telah dipasarkan dengan berbagai merek dagang, di antaranya:
a) Bir memiliki kandungan alkohol 3-7%.
b) Anggur memiliki kandungan alkohol 12 - 14%.
c) Wiski dan brandi memiliki kandungan alkohol 35%.

Orang yang meminum alkohol memiliki ciri-ciri riang, gembira, banyak tertawa, muka memerah, jalan sempoyongan, bicara ngelantur, dan tingkah laku tidak karuan.

Bahaya yang ditimbulkan bagi orang yang meminum minuman yang beralkohol, di antaranya:
a) Sistem syarafnya terganggu sehingga menurunkan tingkat kesadaran.
b) Konsumsi secara berlebihan dapat menghentikan kerja otak.
c) Sistem kerja darah mengalami gangguan sehingga menyebabkan muka merah.
d) Timbulnya penyakit hipotermia.
e) Rusaknya ginjal sehingga tidak dapat menyerap cairan.
f) Rusaknya organ-organ pencernaan makanan.
Labels: kimia

Thanks for reading Zat-Zat Berbahaya dalam Rokok. Please share...!

0 Komentar untuk "Zat-Zat Berbahaya dalam Rokok"

Back To Top