Sasaran Pembangunan Nasional

Sasaran Pembangunan Nasional - Pembangunan nasional bertujuan menciptakan kehidupan masyarakat Indonesia yang makmur dan sejahtera lahir dan batin. Secara prinsip ada tiga unsur penting yang menjadi acuan setiap pelaksanaan pembangunan nasional, yaitu stabilitas nasional, pertumbuhan ekonomi, dan pemerataan.

Sasaran Pembangunan Nasional
Sasaran-sasaran strategis pembangunan nasional berdasarkan tiga unsur penting yang menjadi acuan setiap pelaksanaan pembangunan nasional, yaitu sebagai berikut.


  • Mewujudkan Stabilitas Nasional yang Sehat dan Dinamis Untuk mewujudkan hal tersebut usaha yang dilakukan, yaitu sebagai berikut.



  1. Mengusahakan stabilitas politik yang sehat berdasarkan partisipasi kesadaran politik masyarakat yang meningkat termasuk terselenggaranya keamanan dan ketertiban.
  2. Penyediaan dan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan pokok yang memadai.
  3. Mengendalikan pada batas laju inflasi dunia rata-rata (di bawah 10%).
  4. Menjaga agar cadangan devisa negara tetap memadai.



  • Mencapai Tingkat Pertumbuhan Ekonomi yang Cukup Tinggi Untuk mencapai hal itu perlu ditingkatkan produksi berbagai sektor ekonomi seperti pertanian, industri, pertambangan dan energi, prasarana angkutan, perdagangan, serta pemanfaatan sumber daya alam, sekaligus memelihara kelestariannya. Dalam usaha membangun landasan pembangunan yang kukuh dan lebih luas, struktur perekonomian harus seimbang, memiliki kemampuan dan kekuatan industri maju yang didukung oleh kekuatan dan kemampuan pertanian yang tangguh.



  • Pemerataan Pembangunan


Untuk dapat mencapai pemerataan dalam pembangunan usaha yang dilakukan antara lain melalui delapan jalur pemerataan yang meliputi:

  1. pemerataan pemenuhan kebutuhan pokok rakyat banyak, khususnya pangan, sandang, dan perumahan;
  2. pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan dan pelayanan kesehatan;
  3. pemerataan pembagian pendapatan;
  4. pemerataan kesempatan kerja;
  5. pemerataan kesempatan berusaha;
  6. pemerataan kesempatan berpartisipasi dalam pembangunan, khususnya bagi generasi muda dan kaum wanita;
  7. pemerataan persebaran pembangunan di seluruh wilayah tanah air; dan
  8. pemerataan kesempatan memperoleh keadilan.


Sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai, disusun anggaran pendapatan dan belanja negara dalam anggaran tahun bersangkutan. Oleh karena itu, dibutuhkan berbagai sumber pendapatan pemerintah, antara lain berupa penerimaan dari pungutan pemerintah berupa pajak dan nonpajak.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 8/30/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Sasaran Pembangunan Nasional yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top