Pengertian Kebijakan Publik

Pengertian Kebijakan Publik - Secara etimologi, kebijakan publik berasal dari dua kata, yaitu kebijakan, artinya "kebijaksanaan atau pedoman" dan publik, artinya "umum". Jadi, kebijakan publik secara sederhana dapat diartikan kebijaksanaan atau pedoman yang diberlakukan untuk umum.

Pengertian Kebijakan Publik

Dalam rapat kelas IX, diputuskan pembagian tugas untuk meng ikuti perlombaan dalam peringatan 17 Agustus, yaitu Azka menjadi ketua tim tari dan nyanyi karena Azka paling pintar menyanyi dan menari di kelasnya. Doni menjadi ketua tim olahraga karena Doni paling menyenangi olahraga. Selain itu, Fitri menjadi ketua kebersihan kelas karena ia seksi kebersihan di kelas. Seluruh ketua tim dan anggotanya menyepakati keputusan tersebut bersama ketua kelas dengan harapan kelas IX sukses menjadi juara umum.

Berdasarkan cerita tersebut, kamu dapat menarik kesimpulan bahwa rapat kelas yang dipimpin ketua kelas telah membuat sebuah kebijakan yang mengikat semua anggota kelas serta harus dilaksanakan dan didukung oleh semuanya untuk menyukseskannya. Selain itu, kamu mendapatkan gambaran tentang kebijakan publik yang terjadi di dalam kelas. Bagaimana dengan contoh dalam kehidupan kenega raan?

Berikut ini beberapa pendapat dari para ahli yang mengemukakan tentang kebijakan publik.

a. Dye
Kebijakan publik adalah apapun yang pemerintah pilih untuk melakukan atau tidak melakukan.

b. Kartasasmita
Kebijakan publik merupakan upaya untuk memahami dan meng artikan (1) apa yang dilakukan atau tidak
dilakukan oleh pemerintah mengenai suatu masalah, (2) apa yang menyebabkannya, dan (3) apa pengaruhnya.

c. Edwar III
Kebijakan publik adalah apa yang pemerintah katakan dan dilakukan atau yang tidak dilakukan.Kebijakan merupakan serang kaian tujuan dan sasaran dari program-program pemerintah.

d. Anderson
Kebijakan publik adalah serangkaian tindakan yang memiliki tujuan tertentu yang diikuti dan dilaksanakan oleh pelaku atau sekelompok pelaku guna memecahkan masalah tertentu.

Dalam kehidupan kenegaraan, kebijakan publik dibuat oleh lembaga yang berwenang mulai dari tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten, kecamatan, dan kelurahan atau desa. Kebijakan publik yang telah dibuat dan ditetapkan akan menjadi tidak bermakna jika tidak dilaksanakan dalam kehidupan masyarakat. Tujuan dilak sanakannya kebijakan tersebut tidak hanya akan menjadi aturan, tetapi menjadi sesuatu yang terealisasi dalam kehidupan ber masyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sebagai contoh, adanya kebijakan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) tentang wajib belajar pendidikan nasional (Wajardikas) 9 tahun.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 8/26/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Kebijakan Publik yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top