Bentuk-Bentuk Usaha Bela Negara

Bentuk-Bentuk Usaha Bela Negara - Kamu tentu pernah belajar tentang unsur-unsur terbentuknya negara yang terdiri atas rakyat, wilayah, pemerintah, dan pengakuan dari negara lain. Semua hal tersebut ternyata memiliki kedudukan dan keterkaitan yang sangat penting dalam upaya bela negara, per tahanan, dan keamanan negara. Unsur rakyat dalam arti warga negara merupakan unsur pendukung dalam penyelenggaraan per tahanan dan keamanan negara. Warga negara sesuai dengan posisi dan kedudukannya memiliki peranan penting dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah negara dari berbagai macam anca man terutama yang datang dari dalam negeri.

Usaha Bela Negara

Pemerintahan yang berdaulat memiliki posisi sangat penting, baik sebagai penentu kebijakan maupun sebagai pelaksana dalam arti mengkoordinasikan kegiatan pertahanan negara (pembelaan terhadap negara). 

Presiden merupakan penanggung jawab dalam pengelolaan sistem pertahanan negara, sedangkan Menteri Per taha nan memiliki kewenangan menetapkan kebijakan tentang penyeleng garaan pertahanan negara berdasarkan kebijakan umum yang ditetapkan oleh presiden. Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berada di bawah koordinasi panglima berkedudukan sebagai kompo nen utama dalam pertahanan negara. Dalam hal ini sebagai tulang punggung dalam upaya pembelaan negara.

Wilayah dalam artian wilayah teritorial merupakan wadah, alat, dan kondisi bagi berlangsungnya penyelenggaraan fungsi pertahanan negara. Berlang sungnya pertahanan negara bergantung pada kesiapan dan daya dukung teritorial. Oleh karena itu, TNI sebagai komponen utama pertahanan negara dituntut untuk mema hami secara mendalam dan turut membangun kondisi teritorial wilayah dalam men dukung upaya pertahanan negara.

Realisasi dari adanya pengakuan negara lain, antara lain diwujudkan dalam bentuk kerja sama dalam berbagai aspek kehidupan termasuk bidang pertahanan negara. Kerja sama internasional di bidang pertahanan merupakan bagian integral dari kebijakan luar negeri Indonesia sebagai alat untuk membangun rasa saling percaya dengan bangsa-bangsa lain. Selain kerja sama internasional, bangsa Indonesia juga dapat menjalin kerja sama regional dan bilateral. Kerja sama regional dilakukan dengan negara-negara sekawasan, seperti negara-negara ASEAN (Association of South East Asia Nations) dan Australia yang tujuannya mem bangun saling percaya antarnegara.

Bangsa Indonesia yang merdeka pada 17 Agustus 1945, bertekad bulat untuk mempertahankan dan mene gakkan kemerdekaan, serta kedaulatan negara dan bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Oleh karena itu, aspek pertahanan dan pembelaan negara merupakan aspek yang hakiki dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa. Pertahanan dalam meng hadapi tantangan dan ancaman bagi suatu negara sangat diperlukan untuk mempertahankan kebera daannya.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 7/31/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Bentuk-Bentuk Usaha Bela Negara yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top