Motivasi Menulis

Pengertian Ras menurut Para Ahli

Pengertian Ras menurut Para Ahli - Dalam masyarakat banyak dijumpai keadaan multikultural berdasarkan ras, suku bangsa, daerah, dan agama.

Pengertian Ras menurut Para Ahli

1. Diferensiasi (Perbedaan) Ras
Banyak ahli mendefinisikan tentang ras. Pendapat mereka tentang ras adalah sebagai berikut.

a. Horton dan Hunt
Mereka berpendapat bahwa yang dimaksud ras adalah suatu kelompok manusia yang agak berbeda dengan kelompok-kelompok lainnya selain dari segi ciri-ciri fisik bawaan.

b. Koentjaraningrat
Koentjaraningrat menyatakan bahwa ras adalah suatu golongan manusia yang menunjukkan berbagai ciri tubuh yang tertentu dengan frekuensi yang besar.

c. Grosse
Grosse mengemukakan bahwa ras adalah segolongan manusia yang merupakan satu kesatuan karena kesamaan sifat jasmani dan rohani yang diturunkan sehingga dapat dibedakan dengan kesatuan lain.

d. Kohlbrugge
Kohlbrugge menyatakan bahwa ras adalah manusia yang memiliki kesamaan ciri-ciri jasmani karena diturunkan, sedangkan sifat-sifat kerohaniannya diabaikan. Dapat disimpulkan bahwa ras adalah golongan manusia dengan ciri fisik yang sama. Para ahli antropologi fisik umumnya membedakan ras berdasarkan lokasi geografis, ciriciri fisik, dan prinsip evolusi rasial.

Adapun ciri-ciri fisik sebagai dasar pembagian ras meliputi ciri-ciri kualitas dan kuantitas. Ciri kualitas meliputi warna kulit, bentuk rambut, bentuk lipatan mata, dan bentuk bibir. Sedangkan ciri-ciri kuantitas meliputi bentuk badan, berat badan, dan indeks kepala.
Labels: sosiologi

Thanks for reading Pengertian Ras menurut Para Ahli. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Ras menurut Para Ahli"

Back To Top