Kemampuan Penetrasi Cahaya

Kemampuan Penetrasi Cahaya  - Kemampuan penetrasi cahaya sampai dengan kedalaman tertentu juga akan  mempengaruhi distribusi dan intensitas fotosintesis tumbuhan air di badan perairan.  Cahaya sangat dibutuhkan oleh fitoplankton serta membantu proses fotos√≠ntesis.  Semakin dalam air intensitas cahaya akan semakin berkurang (Brower et al., 1990). 

Penetrasi Cahaya

Menurut Koesbiono (1979) pengaruh utama dari kekeruhan adalah penurunan  penetrasi cahaya secara mencolok. Sehingga menurunkan aktivitas fotosintesis  fitoplankton dan alga, akibatnya akan menurunkan produktivitas perairan. 

Menurut Sastrawijaya (1991), cahaya matahari tidak dapat menembus dasar  perairan jika konsentrasi bahan tersuspensi atau zat terlarut tinggi. Berkurangnya  cahaya matahari disebabkan karena banyaknya faktor antara lain adanya bahan yang  tidak larut seperti debu, tanah liat maupun mikroorganisma air yang mengakibatkan  air menjadi keruh. 

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 3/25/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Kemampuan Penetrasi Cahaya yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top