Faktor-Faktor Terbentuknya Integrasi

Faktor-Faktor Terbentuknya Integrasi - Integrasi adalah proses sosiologi dan antropologi yang tidak bisa dilakukan dan ditempuh dalam waktu singkat. Integrasi memerlukan proses pembudayaan dan konsensus sosial politik di antara suku bangsa yang ada. Integrasi bangsa harus betul-betul diwujudkan karena merupakan keinginan banyak pihak agar tercipta keserasian dan ketertiban. Jangan sampai integrasi itu selalu dibayang-bayangi oleh timbulnya konflik karena tidak adanya kesadaran akan pentingnya integrasi tersebut.

Terbentuknya Integrasi
Untuk mewujudkan integrasi masyarakat yang betulbetul tangguh maka diperlukan adanya nilai-nilai umum yang menjadi pedoman bagi masyarakat dalam bertindak. Ada beberapa syarat yang diperlukan agar integrasi dalam masyarakat tersebut tangguh dan tidak dibayang-bayangi timbulnya konflik. Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Sebagian besar anggota masyarakat bangsa sepakat tentang batas-batas teritorial dari negara sebagai suatukehidupan politik di mana mereka menjadi  warganya.
  2. Sebagian besar anggota masyarakat tersebut bersepakat mengenai struktur pemerintahan dan aturan-aturan daripada proses-proses politik yang berlaku bagi seluruh masyarakat di atas wilayah negara tersebut. 


Suatu integrasi nasional yang tangguh hanya akanberkembang di atas konsensus nasional tentang batas-batas suatu masyarakat politik dan sistem politik yang berlaku bagi seluruh masyarakat tersebut. Kemudian suatu konsensus nasional mengenai bagaimana suatu kehidupan bersama sebagai bangsa harus diwujudkan atau diselenggarakan melalui suatu konsensus nasional mengenai sistem nilai yang akan mendasari hubungan-hubungan sosial di antara suatu masyarakat negara.

Integrasi sosial dalam masyarakat akan bisa terwujud apabila ada faktor-faktor sebagai berikut:
  1. adanya rasa toleransi, saling menghormati, dan tenggang rasa;
  2. terjadinya perkawinan campuran antarsuku;
  3. makin pesatnya komunikasi dan transportasi antardaerah;
  4. meningkatnya solidaritas sosial yang dipengaruhi intensifnya kerja sama kelompok dalam masyarakat menghadapi kejadian bersama;
  5. fungsi pemerintahan yang makin berjalan baik dan bijaksana terutama yang menyentuh masyarakat bawah.



Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 3/01/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Faktor-Faktor Terbentuknya Integrasi yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top