Pengertian Pluralisme Budaya

Pengertian Pluralisme Budaya - Pluralisme budaya ialah suatu alternatif terhadap relasi mayoritas-minoritas yang membawahi budaya minoritas. “Pluralisme berarti bahwa berbagai kelompok yang ada di dalam suatu masyarakat saling menghormati budaya yang lain, suatu penghormatan yang memungkinkan kaum minoritas mengungkapkan budaya mereka tanpa mengalami prasangka buruk atau permusuhan” (Schaefer, 1998). Daripada berusaha untuk menghilangkan karakter etnis, pluralisme budaya lebih berusaha mempertahankan integritas budaya dari kelompok-kelompok etnis.

Pengertian Plurisme Budaya

Bagi praktek pekerjaan sosial, ideologi pluralisme budaya mempromosikan suatu orientasi terhadap kekuatan-kekuatan. Ini menuntut bahwa pekerja sosial memahami “sejarah, tradisi-tradisi yang berbeda, peran-peran, pola-pola keluarga, simbol-simbol budaya, dan relasi-relasi di kalangan kelompok-kelompok etnis dan budaya. 

Pemahaman, kepekaan, dan keterampilan-keterampilan yang dikembangkan harus membantu menghindarkankecenderungan untuk memaksakan diri dan budaya  seseorang dalam upaya untuk membantu orang-orang darisuatu kelompok etnis atau budaya yang  berbeda” (Sanders, 1975: 98, dalam DuBois & Miley, 2005: 164). Nilai-nilai yang dianut secara kuat dan tradisi-tradisi yang sudah sangat lama dari kelompok-kelompok etnis dan budaya ialah suatu sumber kekuatan bagi keberfungsian sosial yang adaptif.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 2/20/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Pluralisme Budaya yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

1 komentar:

Poskan Komentar

Back to top