-->
Motivasi Menulis

Pengertian Kebijakan Sosial

Pengertian Kebijakan Sosial - Kebijakan sosial ialah prinsip-prinsip dan rangkaian rangkaian tindakan yang mempengaruhi kualitas kehidupan menyeluruh dan keadaan-keadaan individu di dalam kelompok serta relasi intersosialnya (Gilbert & Terrell, 2001). Secara khusus, kebijakan sosialdiidentifikasikan dengan kebijakan-kebijakan pemerintah atau publik yang mengalamatkan ketidaksetaraan di dalam lembaga-lembaga sosial, meningkatkan kualitas kehidupan orang-orang yang kurang beruntung, dan memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, kebijakan-kebijakan sosial mempengaruhi pelayanan-pelayanan sektor privat-- termasuk badan-badan sosial nirlaba dan bisnis waralaba--ketika mereka mengembangkan kebijakankebijakan administratif untuk memandu prosedur–prosedur dan operasi-operasi mereka sehari-hari.

Pengetian Kebiajakan Sosial

Beberapa pakar mendefinisikan kebijakan sosial secara berbeda sebagai suatu pedoman, suatu pemberi arah, suatu rencana ancang-ancang, seperangkat prinsip-prinsip, suatu strategi kolektif, dan suatu rencana tindakan. Pakar lain mendeskripsikan kebijakan sosial sebagai tujuan-tujuan yang rasional, yang sengaja, dan yang tersurat yang akan diraih oleh orang-orang.

Kebijakan sosial ialah suatu proses dan sekaligus suatu produk (Gilbert & Terrell, 2001). Sebagai suatu proses, kebijakan sosial terdiri dari langkah-langkah yang berurutan yang ditindaklanjuti dengan pemecahan masalah. Sebagai produk, kebijakan sosial ialah peraturan-peraturan, program-program, keputusankeputusan yudisial, dan petunjuk-petunjuk administratif. Pekerja sosial harus mengevaluasi proses-proses dan produk-produk kebijakan sosial dalam rangka meningkatkan efektivitasnya.
Labels: Pekerjaan Sosial

Thanks for reading Pengertian Kebijakan Sosial. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Kebijakan Sosial"

Back To Top