Pengertian Kebijakan Sosial

Pengertian Kebijakan Sosial - Kebijakan sosial ialah prinsip-prinsip dan rangkaian rangkaian tindakan yang mempengaruhi kualitas kehidupan menyeluruh dan keadaan-keadaan individu di dalam kelompok serta relasi intersosialnya (Gilbert & Terrell, 2001). Secara khusus, kebijakan sosialdiidentifikasikan dengan kebijakan-kebijakan pemerintah atau publik yang mengalamatkan ketidaksetaraan di dalam lembaga-lembaga sosial, meningkatkan kualitas kehidupan orang-orang yang kurang beruntung, dan memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, kebijakan-kebijakan sosial mempengaruhi pelayanan-pelayanan sektor privat-- termasuk badan-badan sosial nirlaba dan bisnis waralaba--ketika mereka mengembangkan kebijakankebijakan administratif untuk memandu prosedur–prosedur dan operasi-operasi mereka sehari-hari.

Pengetian Kebiajakan Sosial

Beberapa pakar mendefinisikan kebijakan sosial secara berbeda sebagai suatu pedoman, suatu pemberi arah, suatu rencana ancang-ancang, seperangkat prinsip-prinsip, suatu strategi kolektif, dan suatu rencana tindakan. Pakar lain mendeskripsikan kebijakan sosial sebagai tujuan-tujuan yang rasional, yang sengaja, dan yang tersurat yang akan diraih oleh orang-orang.

Kebijakan sosial ialah suatu proses dan sekaligus suatu produk (Gilbert & Terrell, 2001). Sebagai suatu proses, kebijakan sosial terdiri dari langkah-langkah yang berurutan yang ditindaklanjuti dengan pemecahan masalah. Sebagai produk, kebijakan sosial ialah peraturan-peraturan, program-program, keputusankeputusan yudisial, dan petunjuk-petunjuk administratif. Pekerja sosial harus mengevaluasi proses-proses dan produk-produk kebijakan sosial dalam rangka meningkatkan efektivitasnya.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 2/27/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Kebijakan Sosial yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top