Faktor-faktor yang Memudahkan Proses Pembauran

Faktor-faktor yang memudahkan proses pembauran, diantaranya sebagai berikut.

1. Toleransi
Adanya toleransi antara dua kelompok yang saling menghargai dapat memudahkan terjadinya komunikasi dan asosiasi. Adapun kelompok yang sangat fanatik memegang teguh kepercayaan, adat istiadat, pandangan hidup, dan melihat kebudayaan lain penuh dengan prasangka, sulit membaur dengan kelompok lain. Namun,dalam hal memegang teguh  keyakinan terhadap agama dan kepercayaannya, hal ini merupakan suatu yang wajib bagi agama yang dianut dengan penuh toleransi dan tanpa prasangka yang buruk terhadap pemeluk agama lain.

proses pembauran


2. Adanya Persamaan dalam Bidang Ekonomi
Persamaan dalam bidang ekonomi dapat dilihat dengan tidakadanya penguasaan terhadap ekonomi  pihak lain, berada dalamkesetaraan, tidak terdapat  ketimpangan yang tajam antara kelaskelasekonomi yang ada. Jika terdapat  berbagai perbedaan yang tajam dalam kehidupan dua kelompok, hal ini dapat berakibat pada terjadinya kemunduran pembauran.

3. Adanya Perasaan Simpati terhadap Kebudayaan Lain
Perasaan simpati terhadap kebudayaan lain berserta unsurunsurnya, di antaranya saling menghargai dan menghormati serta tidak merasa lebih tinggi terhadap kelompok lain. Adanya perasaan simpati tersebut, proses pembauran dapat berjalan dengan lancar.

4. Adanya Perkawinan Campuran
Adanya proses perkawinan campuran berpengaruh terhadapterjadinya proses pembauran. Hal tersebut dapat terlihat dalam bidang ekonomi, sosial, politik, dan agama. Contohnya, para pedagang Islam yang berlayar ke wilayah Nusantara dan melakukan aktivitasberdagang. Melalui perkawinan  campuran kegiatan ekonomi dapat terus berlangsung dan berkembang. Hubungan sosial yang lebih setara atau sederajat terjadi antara para pedagang asing dan penduduk pribumi.

Perkawinan campuran yang dilakukan antara pimpinan atau kaum elit dari para pedagang dan kaum elit dari penduduk pribumi memudah kan proses pembauran dalam bidang politik. Begitu pula proses penyebaran agama yang dibawa oleh para pedagang, yang penduduk pribumi menganggap bahwa para pedagang merupakan kaum atau kelompok yang memiliki jaringan yang luas dalam hal perdagangan dan politik. Dengan demikian, bergabung dengan mereka dapat membantu memajukan jalannya pemerintahan dari suatu kerajaan di Nusantara, baik dalam hal politik maupun ekonomi.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 2/29/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Faktor-faktor yang Memudahkan Proses Pembauran yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top