Pengertian Pengangguran dan Dampaknya Terhadap Pembangunan Nasional

Pengangguran dan Dampaknya terhadap Pembangunan Nasional - Pengangguran merupakan masalah besar tidak hanya di negara berkembang tetapi juga negara-negara maju, namun demikian tingkat pengangguran di negara-negara berkembang pada umumnya lebih tinggi. Pengangguran mempunyai dampak negatif tidak hanya pada masalah ekonomi, tetapi juga menjadi pemicu kerawanan sosial.

Pengangguran

Penganggur adalah orang yang bekerja kurang dari satu jam dalam satu minggu dan orang yang mencari pekerjaan. Sedangkan seseorang yang bekerja tidak penuh dan tidakoptimal dilihat dari sisi jam kerja dan produktivitas kerjanya, dapat dikategorikan sebagai setengah penganggur.

Dampak Pengangguran terhadap Pembangunan Nasional

Ada beberapa dampak pengangguran yaitu sebagai berikut.

a. Dampak Ekonomi
Adanya tingkat pengangguran yang tinggi berarti banyak SDM yang terbuang sia-sia dan akan menjadi beban bagi orang yang bekerja. Dengan demikian kesejahteraan dari orang yang bekerja akan berkurang. Sebaliknya jika tingkat pengangguran rendah maka berarti akan menghasilkan tingkat output (barang dan jasa) yang lebih tinggi sehingga tingkat kesejahteraannya lebih baik. Di samping itu pengangguran juga mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan ekonomi,standar kehidupan menurun, dan penghasilan pajak negara menurun.

b. Dampak Sosial
Pengangguran yang identik dengan rendahnya pendapatan dan kesejahteraan akan menimbulkan berbagai masalah sosial. Pengangguran akan memberikan dampak pada meningkatnya tindak kriminalitas yang meresahkan masyarakat, misalnya perampokan, penjambretan, kecanduan alkohol, dan kerawanan sosial lainnya.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 1/28/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Pengangguran dan Dampaknya Terhadap Pembangunan Nasional yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top