Dampak Terjadinya Konflik

Dampak Terjadinya Konflik - Leuis A. Coser dalam bukunya Conflict menguraikan bahwa konflik adalah perselisihan mengenai nilai-nilai atau tuntutan-tuntutan berkenaan dengan status, kekuasaan, dan sumber-sumber kekayaan yang persediaannya tidak mencukupi. Dalam konflik tersebut, pihak-pihak yang sedang berselisih tidak hanya bermaksud untuk memperoleh barang yang diinginkan, tetapi juga memojokkan, merugikan, atau menghancurkan lawan.

Konflik

Bagaimanapun konflik selalu ada dalam kehidupan masyarakat. Konflik merupakan salah satu unsur interaksi. Walaupun konflik selalu dikonotasikan negatif karena tidak jarang menimbulkan perpecahan, namun tidak dapat dikatakan bahwa konflik selalu berakibat tidak baik. Artinya, konflik juga dapat menyebabkan eratnya hubungan antara anggota kelompok. Selain itu, konflik juga menyebabkan kelestarian kelompok.

Dalam suasana diskusi dimungkinkan terjadinya konflik dalam mempertahankan atau menyatakan pendapat. Dari konflik selama diskusi akan ditemukan pemecahan dan pemikiran yang bagus serta mewakili banyak kepentingan. Jadi, positif tidaknya akibat konflik tergantung persoalan yang dipertentangkan dan pola struktur sosial yang menjadi ajang berlangsungnya konflik.

Berikut ini merupakan dampak terjadinya konflik dalam masyarakat.

  1. Bertambahnya solidaritas intern dan rasa in group suatukelompok. Apabila terjadi pertentangan antarkelompok, solidaritas antaranggota masing-masing kelompok akan meningkat sekali. Solidaritas di dalam suatu kelompokyang pada situasi normal sulit dikembangkan akan berlangsung meningkat pesat saat terjadinya konflik dengan pihak-pihak luar.
  2. Memudahkan perubahan kepribadian individu. Hal itu terjadi apabila ada konflik-konflik antarkelompok. Individu-individu dalam tiap-tiap kelompok akan mengubah kepribadiannya untuk mengidentifikasikan dirinya secara penuh dengan kelompoknya.
  3. Goyah dan retaknya persatuan kelompok apabila terjadi konflik antargolongan dalam satu kelompok.
  4. Menimbulkan dampak psikologis yang negatif, seperti perasaan tertekan sehingga menjadi siksaan terhadap mentalnya, stress, kehilangan rasa percaya diri, rasa frustasi, cemas, dan takut. Hal ini dapat terjadi pada pribadi-pribadi individu yang tidak tahan menghadapi situasi konflik.
  5. Mematikan semangat kompetisi dalam masyarakat karena pribadi yang mendapat tekanan psikologis akibat konflik cenderung pasrah dan putus asa.
  6. Hancurnya harta benda dan jatuhnya korban manusia. Hal tersebut terjadi apabila konflik telah mencapai pada tahap kekerasan, seperti perang. Bentrok antarkelompok masyarakat, dan konflik antarsuku bangsa.
  7. Munculnya akomodasi, dominasi, dan takluknya salah satu pihak. Keadaan tersebut akan muncul apabila ada tanda-tanda sebagai berikut.


  • Akomodasi akan muncul apabila kekuatan pihak-pihak yang bertentangan seimbang.
  • Dominasi akan muncul apabila terjadi ketidakseimbangan antara kekuatan-kekuatan pihak yang mengalami konflik.
  • Munculnya kekuatan-kekuatan dari pihak yang mendominasi konflik akan menyebabkan takluknya salah satu pihak terhadap kelompok pemenang.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 1/19/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Dampak Terjadinya Konflik yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top