Kualitas Tenaga Kerja

Kualitas Tenaga Kerja - Pengalaman negara-negara Industri Baru (New Industrial Countries (NIC)) seperti Korea Selatan, Taiwan dan negara industri seperti Prancis, Jerman Barat, Inggris, dan Amerika Serikat menunjukkan bahwa pertumbuhan industri bersumber dari pertumbuhan masyarakat yang didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Kualitas sumber daya manusia dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, latihan, motivasi kerja, etos kerja, mental, dan kemampuan fisik pekerja yang bersangkutan.

Kualitas tenaga kerja

Strategi yang diterapkan dalam pengembangan sumber daya manusia adalah meningkatkan daya produksi manusia, karena manusia adalah modal (human capital). Manusia adalah faktor produksi yang sangat penting selain tanah, gedung, mesin, peralatan, bahan mentah, dan teknologi.

Upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yaitu melalui:


  1. Pendidikan: Pendidikan merupakan landasan untuk mengembangkan diri serta kemampuan memanfaatkan semua sarana yang ada di sekitar kita untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Semakin tinggi pendidikan, semakin tinggi produktivitas kerja.
  2. Mengadakan latihan-latihan kerja bagi tenaga kerja agar memiliki kemampuan kerja yang baik.
  3. Meningkatkan kesehatan dengan melalui perbaikan gizi penduduk.
  4. Mengadakan pelatihan-pelatihan untuk memberikan keterampilan kepada tenaga-tenaga kerja yang sedang mencari pekerjaan, agar dapat mengisi lowongan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 11/01/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Kualitas Tenaga Kerja yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top