Pengertian Tenaga Kerja

Pengertian Tenaga Kerja (Manpower) - Setiap negara memberikan batasan yang berbeda-beda untuk rumusan tenaga kerja. Misalnya, Amerika Serikat menetapkan batas minimal usia tenaga kerja 16 tahun, India menetapkan usia kerja antara 14-60 tahun. Menurut Biro Cacah Jiwa, tenaga kerja adalah semua orang yang bekerja dan menganggur tetapi aktif menjadi pekerja.

TENAGA KERJA

Di dalam pembahasan mengenai ketenagakerjaan, ada istilah tenaga kerja, angkatan kerja, dan bukan angkatan kerja.

Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan angkatan kerja (Labor Forces)?
Angkatan kerja adalah penduduk yang sudah memasuki usia kerja, baik yang sudah bekerja, belum bekerja, atau sedang mencari pekerjaan. Tetapi tidak semua penduduk yang memasuki usia kerja disebut angkatan kerja, sebab penduduk yang tidak aktif dalam kegiatan ekonomi tidak termasuk dalam kelompok angkatan kerja. Tenaga kerja terdiri atas angkatan kerja dan bukan angkatan kerja.

KETENTUAN TENTANG USIA KERJA
  • Badan Pusat Statistik mendefinisikan angkatan kerja adalah penduduk yang berusia 15 tahun ke atas.
  • Dalam Buku Glosarium Ketenagakerjaan, Pusdatinaker dinyatakan bahwa angkatan kerja adalah penduduk dalam usia kerja (15 tahun ke atas) baik yang bekerja maupun yang mencari pekerjaan atau pengangguran.
Sumber: http://www.nakertrans.go.id/Istilah.php
  • Dalam pasal 1 nomor 26 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dinyatakan bahwa anak adalah setiap orang yang berumur di bawah 18 (delapan belas) tahun. Berdasarkan ketentuan ini, anak yang boleh dipekerjakan adalah minimal berumur 18 tahun.

Syarat untuk seorang penduduk dapat disebut sebagai angkatan kerja yaitu jika penduduk yang selama seminggu sebelum pencacahan atau sensus telah mempunyai suatu pekerjaan, baik bekerja maupun sementara tidak bekerja karena suatu sebab misalnya sebagai berikut.

  • Pekerja yang tidak masuk bekerja karena cuti, sakit, mogok, atau dihentikan sementara.
  • Petani yang menunggu panen atau musim hujan tiba.


Sedangkan Kelompok bukan angkatan kerja adalah sebagai berikut.
  • Anak yang masih sekolah.
  • Orang yang mengurus rumah tangga.
  • Orang-orang cacat, jompo, dan orang yang sudah pensiun.


Ketiga golongan bukan angkatan kerja tersebut di atas disebut sebagai angkatan kerja potensial (potential labor force), karena golongan ini sewaktu-waktu dapat menawarkan jasanya untuk bekerja.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 10/24/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Tenaga Kerja yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top