Motivasi Menulis

Pengertian Organisasi Sosial

Pengertian Organisasi Sosial - Organisasi berarti suatu kesatuan orang yang tersusun dengan teratur berdasarkan pembagian tugas tertentu. Sedangkan istilah sosial berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan pergaulan manusia dalam masyarakat. Jadi, organisasi sosial adalah suatu susunan atau struktur dari berbagai hubungan manusia yang terjadi dalam masyarakat, di mana hubungan tersebut merupakan suatu kesatuan yang teratur.

Organisasi Sosial

Hubungan antarmanusia dalam organisasi sosial senantiasa berubahubah dan di dalamnya juga terdapat proses yang dinamis, tindakan masing-masing orang terhadap orang lain selalu berulang dan terkoordinasi. Organisasi sosial, di samping sebagai suatu kondisi yang bersifat dinamis juga sebagai kondisi yang bersifat struktural.

Anggota-anggota dalam organisasi sosial terstruktur dengan rapi, memiliki peran dan status yang formal. Selain itu, anggota-anggota dalam organisasi sosial secara bersamasama mempunyai tugas untuk memelihara dan mengusahakan tercapainya tujuan bersama. 

Ada beberapa syarat yang diperlukan dalam mengatur hubungan antaranggota dalam sebuah organisasi sosial.
  1. Setiap anggota hidup dalam suasana harmonis meskipun memiliki kehidupan yang berbeda.
  2. Adanya kekuasaan atau otoritas yang bersifat memaksa dalam pelaksanaan hubungan antaranggota.
  3. Memiliki ukuran yang tetap dalam tata hubungan sosial yang dapat diterima oleh anggota-anggota kelompok. 
  4. Adanya pengaturan dan penyusunan individu-individu dalam kelompok dan lapisan sosial tertentu yang menggambarkan adanya koordinasi dan subordinasi.
Labels: sosiologi

Thanks for reading Pengertian Organisasi Sosial. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Organisasi Sosial"

Back To Top