Motivasi Menulis

Ciri-Ciri Struktur Sosial

Ciri-Ciri Struktur Sosial - Struktur sosial yang ada dalam masyarakat memiliki beberapa ciri umum. Adapun ciri-ciri struktur sosial adalah sebagai berikut.

Struktur Sosial

  1. Struktur sosial mencakup semua hubungan sosial antarindividu pada saat tertentu.
  2. Struktur sosial merupakan seluruh kebudayaan masyarakat yang dapat dilihat dari sudut pandang teoritis. Jadi, setiap pelaksanaan penelitian diarahkan pada pemikiran tentang derajat dari susunan sosialnya.
  3. Struktur sosial merupakan realitas sosial yang bersifat statis sehingga dapat dilihat kerangka tatanan yang berbentuk struktur.
  4. Struktur sosial mengacu pada hubungan-hubungan sosial pokok yang dapat memberikan bentuk dasar pada masyarakat dan memberikan batas-batas pada aksi-aksi yang kemungkinan besar dilakukan secara organisatoris.


Selain ciri-ciri struktur sosial juga memiliki fungsi dalam kehidupan masyarakat. Dalam struktur sosial banyak dijumpai berbagai aspek perilaku sosial. Dengan adanya struktur sosial, secara psikologis masyarakat merasakan adanya batas-batas tertentu dalam setiap aktivitasnya. Dengan demikian, individu senantiasa menyesuaikan diri dengan ketertiban dan keteraturan yang ada. Dalam kondisi seperti itu, norma-norma dan nilai-nilai masyarakat dapat berfungsi sebagai pembatas dalam berperilaku agar tidak melanggar hak anggota masyarakat lainnya.

Berikut ini adalah beberapa fungsi struktur sosial.

  • Struktur sosial berfungsi sebagai pengawasan sosial (social control).

Artinya struktur sosial merupakan penekan terhadap adanya pelanggaran nilai dan norma masyarakat sehingga disiplin kelompok dapat dipertahankan. 
  • Struktur sosial berfungsi sebagai dasar dalam menanamkan disiplin sosial (discipline control).


Setiap anggota kelompok akan memiliki pengetahuan dan kesadaran terutama dalam hal sikap, adat kebiasaan, dan kepercayaan. Dengan demikian, anggota kelompok dapat mengetahui bagaimana cara bersikap dan bertindak sesuai dengan ketentuan dan harapan masyarakat. Akibatnya, perbedaan paham dapat dikurangi.

Menurut Soerjono Soekanto, ada beberapa unsur sosial yang pokok, seperti :
1. Kelompok sosial,
2. Kebudayaan,
3. Lembaga sosial,
4. Stratifikasi sosial,
5. Kekuasaan dan wewenang.
Labels: sosiologi

Thanks for reading Ciri-Ciri Struktur Sosial. Please share...!

0 Komentar untuk "Ciri-Ciri Struktur Sosial"

Back To Top