-->
Motivasi Menulis

Perairan Wilayah, Landas Kontinen, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)

Perairan Wilayah, Landas Kontinen, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) - Untuk mengukur wilayah lautan suatu negara dapat dilakukan berdasarkan hal-hal sebagai berikut.

Zona Ekonomi Eksklusif


  • Perairan Wilayah/Batas Laut Teritorial

Batas laut teritorial adalah batas laut yang ditarik dari garis yang menghubungkan titik dari ujung pulau-pulau dengan jarak 12 mil ke luar lautan bebas. Wilayah laut yang berada di dalam batas teritorial disebut laut pedalaman.

  • Batas Landas Kontinen

Batas landas kontinen adalah dasar laut dilihat dari segi geologi maupun morfologi yang merupakan kelanjutan dari kontinen/benua. Landas kontinen biasanya merupakan laut dangkal yang kedalamannya tidak lebih dari 150 m. Batas wilayah landas kontinen sebuah negara paling jauh 200 mil dari garis dasar.

  • Batas Zona Ekonomi Eksklusif

Batas laut zona ekonomi eksklusif adalah jarak 200 mil dari garis dasar ke arah laut bebas. Garis dasar, yaitu garis khayal yang menghubungkan titik-titik dari ujung pulau-pulau. Hak suatu negara di dalam batas zona ekonomi eksklusif, yaitu dapat memanfaatkan sumber daya baik di laut maupun di bawah dasar laut.
Labels: geografi

Thanks for reading Perairan Wilayah, Landas Kontinen, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Please share...!

0 Komentar untuk "Perairan Wilayah, Landas Kontinen, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)"

Back To Top