Hubungan Pendapatan Nasional, Jumlah Penduduk,dan Pendapatan per Kapita

Hubungan Pendapatan Nasional, Jumlah Penduduk,dan Pendapatan per Kapita - Pendapatan nasional pada dasarnya merupakan kumpulan pendapatan masyarakat suatu negara. Tinggi rendahnya pendapatan nasional akan memengaruhi tinggi rendahnya pendapatan per kapita negara yang bersangkutan. Selain itu, jumlah penduduk juga akan memengaruhi jumlah pendapatan per kapita suatu negara.

Pendapatan Nasional

Tingginya pendapatan nasional suatu negara tidak menjamin pendapatan per kapitanya juga tinggi. Hal ini terjadi karena jumlah penduduk akan menentukan tinggi rendahnya pendapatan per kapita.

Bank Dunia (World Bank) mengelompokkan negara-negara berdasarkan
tinggi rendahnya pendapatan per kapita, yaitu sebagai berikut.
a. Kelompok negara berpendapatan rendah (low income economies), yaitu negara-negara yang memiliki PNB per kapita US$520 atau kurang.
b. Kelompok negara berpendapatan menengah bawah (lower middle income economies), yaitu negara-negara yang memiliki PNB per kapita antara US$521 sampai US$1.740.
c. Kelompok negara berpendapatan menengah (middle income economies), yaitu negara-negara yang memiliki PNB per kapita antara US$1.741  sampai US$2.990.
d. Kelompok negara berpendapatan menengah tinggi (upper middle income economies), yaitu negara-negara yang memiliki PNB per kapita antara US$2.991 sampai US$4.870.
e. Kelompok negara berpendapatan tinggi (high income economies), yaitu negara-negara yang memiliki PNB per kapita antara US$4.871 sampai US$25.480 bahkan lebih.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 9/20/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Hubungan Pendapatan Nasional, Jumlah Penduduk,dan Pendapatan per Kapita yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top