Pengertian Rasi Bintang

a. Rasi-rasi yang Terkenal
Di belahan bumi selatan rasi yang terkenal, yaitu Rasi Pari/Gubug Penceng/Crux, Centaurus/Lanjar Ngirim, Argo, Rasi Canis Mayor, Rasi Virgo, Rasi Leo, dan Rasi Scorpio/Kalajengking. Di belahan bumi utara rasi yang terkenal, yaitu Rasi Lyra, Rasi Biduk/Ursa Mayor, Rasi Orion, Rasi Taurus, dan Rasi Pleyedes/ Lintang Wuluh/Bintang Tujuh.

Rasi Bintang Orion

b. Rangkaian Rasi-rasi Bintang/Zodiak
Rangkaian rasi-rasi bintang merupakan sebuah lajur lingkaran rasi bintang yang lebarnya 16º terletak sepanjang ekliptika. Matahari dan semua planet-planet besar dan bulan selalu terdapat pada lingkaran zodiak ini.

Zodiak dibagi atas 12 bagian (tanda zodiak atau house), masing-masing berjarak ± 30º. Masing-masing tanda zodiak (house) tersebut diberi nama menurut konstelasi bintang yang ada di daerahnya. Zodiak artinya gambar binatang-binatang kecil seperti berikut.
1) Rasi Aries - Ram - bintang hamai
2) Rasi Taurus - Bull - bintang sapi jantan
3) Rasi Gemini - Twins - bintang kembar
4) Rasi Cancer - Crab - bintang mingkara
5) Rasi Leo - Lion - bintang singa
6) Rasi Virgo - Virgin - bintang mayang
7) Rasi Libra - Scales - bintang neraca
8) Rasi Scorpius - Scorpion - bintang kala
9) Rasi Sagitarius - Archer - bintang pemanah
10) Rasi Capricornus - Goat - bintang judai
11) Rasi Aquarius - Water Bearer - bintang dawi
12) Rasi Pisces - Fish - bintang hut
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 8/19/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Rasi Bintang yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top