Motivasi Menulis

Kegunaan Jurnal Pembalik

Kegunaan Jurnal Pembalik (Reversing Entry) - Pada akhir periode perusahaan membuat jurnal penutup untuk akun nominal, seperti yang sudah di bahas pada sub bab sebelumya. Pada periode berikutnya sebelum melakukan transaksi perusahaan kadang-kadang merasa perlu untuk membuat jurnal balik / jurnal penyesuaian kembali.

Jurnal Pembalik

Tujuan pembuatan jurnal balik ini adalah:

  1. Untuk menyederhanakan pembuatan jurnal pada periode berikutnya. Pembuatan jurnal balik ini akan bermanfat jika perusahan membuat jurnal yang banyak jumlahnya.
  2. Meminimalkan kekeliruan yang mungkin terjadi.


Jurnal pembalik adalah jurnal yang digunakan untuk membalik jurnal penyesuaian, artinya jika di jurnal penyesuaian ayat jurnal menunjukkan debit maka untuk jurnal pembalik ayat jurnal ini diletakkan sebelah kredit dan sebaliknya. Tidak semua jurnal penyesuaian perlu dibalik, tapi hanya beban akrual (beban yang ditangguhkan pembayarannya) sehingga muncul utang dan pendapatan akrual (pendapatan yang masih harus diterima) muncul piutang.

Jurnal pembalik bukan merupakan keharusan melainkan suatu pilihan untuk membuat atau tidak. Jika perusahaan membuat jurnal pembalik kemungkinan kekeliruan kecil
Labels: Akuntansi

Thanks for reading Kegunaan Jurnal Pembalik. Please share...!

0 Komentar untuk "Kegunaan Jurnal Pembalik"

Back To Top