Motivasi Menulis

Fluida Bergerak

Fluida Bergerak - Fluida dikatakan bergerak (mengalir) jika fluida itu bergerak secara terusmenerus (kontinu) terhadap posisi sekitarnya. Ada dua macam aliran pada fluida mengalir, yaitu aliran streamline dan turbulent.

  1. Aliran garis arus (streamline), yaitu aliran yang mengikuti suatu garis lurus atau melengkung yang jelas ujung dan pangkalnya. Jadi, aliran tiap partikel yang melalui suatu titik dengan mengikuti garis yang sama seperti partikel-partikel yang lain yang melalui titik itu. Arah gerak partikelpartikel pada aliran garis arus disebut garis arus.
  2. Aliran turbulent, yaitu aliran berputar atau aliran yang arah gerak partikel partikelnya berbeda bahkan berlawanan dengan arah gerak fluida secara keseluruhan.


Pada pembahasan tentang fluida yang bergerak, kita batasi pada fluida ideal. Pengertian fluida ideal adalah fluida yang tidak kompresible, bergerak dengan tanpa gesekan dan aliran arusnya streamline (stasioner).

  • Tidak kompresible : volum tidak berubah karena pengaruh tekanan
  • Tanpa mengalami gesekan : pada saat fluida itu mengalir gesekan antara fluida dan dinding diabaikan
  • Aliran stasioner : tiap-tiap partikel mempunyai garis alir tertentu dan untuk luas penampang yang sama akan mempunyai kecepatan yang sama.

Labels: fisika

Thanks for reading Fluida Bergerak. Please share...!

0 Komentar untuk "Fluida Bergerak"

Back To Top