Rotasi Benda Tegar

Rotasi Benda Tegar - Pada gerak translasi berdasar hukum I Newton, diperoleh pengertian bahwa setiap benda mempunyai sifat lembam, yaitu kecenderungan untuk mempertahankan keadaannya (diam atau bergerak lurus beraturan). Kecenderungan ini dinamakan inersia.
Ukuran yang menyatakan kecenderungan ini dinamakan massa.
Dalam gerak rotasi tiap-tiap benda juga mempunyai kencenderungan untuk mempertahankan keadaannya.
Misalnya bumi berotasi pada porosnya mulai bumi diciptakan sampai sekarang tanpa henti-hentinya.

Rotasi bumi pada porosnya

Kecenderungan berotasi seperti itu dinamakan inersia rotasi.
Ukuran untuk menyatakan besarnya kecenderungan ini dinamakan momen inersia.
Berbeda dengan massa benda yang hanya tergantung pada jumlah kandungan zat di dalam benda tersebut, momen inersia di samping tergantung pada jumlah kandungan zat (massa benda) juga tergantung pada bagaimana zat-zat atau massa ini terdistribusi. Semakin jauh distribusi massa dari pusat putaran semakin besar momen inersianya.

Rotasi pada poros silinder

Gambar 6.10 di atas menggambarkan silinder besar dan silinder kecil yang sejenis sedang berotasi. Momen inersia dari silinder besar lebih besar dibanding momen inersia dari silinder kecil.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 6/30/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Rotasi Benda Tegar yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top