Pengertian Konsep Diri

Pengertian Konsep Diri - Konsep diri merupakan elemen terpenting dalam perkembangan dan kepribadian individu pada lingkungan kelurga. Orangtua sebagai bagi teladan anaknya hendaknya memberikan pola asuh dan pola komunikasi yang baik, karena anak merupakan amanat bagi setiap orangtua, baik ayai buruk perkembangan setiap anak sangat tergantung pada baik atau buruknya pembiasaan yang diebrikan kepadanya.

Ilustrasi: Konsep diri


Ketidaksempurnaan perkembangan individu seringkali berdampak besar pada instabilitas konsep diri individu terutama pada masa remaja. Eriksson menjelaskan bahwa masa remaja berkaitan erat dengan perkembangan Sense of identity versus role confusion yaitu kesadran konsep diri yang dihadapkan pada berbagai pertanyaan yang menyankut keberadaan diri, masa depan, peran sosial dalam keluarga, masyarakat, dan kehidupan beragama. Apabila remaja berhasil memahami diri, peran dan makna hidup beragama, maka remaja akan memiliki konsep diri positif. Sebaliknya remaja yang kurang berhasil akan mengalami kebingungan, kurang dapat menyesuikan dengan diri sendiri dan orang lain atau memiliki konsep diri negatif.

Hurlock mengemukakan bahwa konsep diri merupakan gabungan dari keyakinan fisik, psikologis, sosial, emosional, aspirasi, dan prestsi yang dicapai individu. Konsep diri diartikan sebagai semua perasaan, kepercayaan, dan nilai dan mempengaruhi individu dalam berhubungan dengan orang lain.

Calhoun dan Acocella mendefenisikan bahwa konsep diri adalah gambaran mental diri yang terdiri dari pengetahuan diri, pengaharapan diri, dan penilaian diri. Pengetahuan diri merupakan informasi. Menurut Burns (1982), konsep diri adalah hubungan antara sikap dan keyakinan tentang diri kita sendiri. Sedangkan Pemily (dalam Atwater, 1984), mendefisikan konsep diri sebagai sistem yang dinamis dan kompleks diri keyakinan yang dimiliki seseorang tentang dirinya, termasuk sikap, perasaan, persepsi, nilai-nilai dan tingkah laku yang unik dari individu tersebut.

Konsep diri merupakan penentu sikap individu dalam bertingkah laku, artinya apabila individu cenderung berpikir akan berhasil, maka hal ini merupakan kekuatan atau dorongan yang akan membuat individu menuju kesuksesan. Sebaliknya jika individu berpikir akan gagal, maka hal ini sama saja mempersiapkan kegagalan bagi dirinya.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 5/20/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Konsep Diri yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

1 komentar:

Poskan Komentar

Back to top