Pengertian Giftedness

Pengertian Giftedness - Giftedness adalah individu yang memiliki kemampuan unggul dalam bidang akademis secara umum dengan skor IQ yang tinggi pada pengerjaan tes kecerdasan antara 125 sampai 140.  Secara umum individu yang Gifted merujuk pada mereka yang menampilkan karakteristik kemampuan superior. Karakteristik tersebut seperti dapat berbicara lebih dini, dapat membaca lebih awal, dapat mengerjakan pekerjaan sekolah dengan mudah, dan dapat perhatian dari teman-temannya. Individu Gifted belum tentu Genius, sebab gifted belum tentu memberikan kontribusi unik pada lingkungannya dalam kurun waktu tertentu, tetapi orang genius  sudah pasti seorang gifted.

Pengertian Giftedness

Albert Einstein


Tidak hanya sampai pada perjalanan panjangan menemukan definisi giftedness. Kata “Gifted” seringkali disandingkan dengan kata “Talented”. Padahal kedua kata tersebut mengandung maksud yang berbeda. Gagné (1985, 1991) melalui tulisannya yang berjudul Toward a Differentiated Model of Giftedness and Talent menerangkan bahwa, giftedness adalah kompetensi di atas rata-rata dalam kemampuan manusia. Sedangkan talented adalah Performa dalam bidang tertentu.

Kemudian apa bedanya gifted dan genius (jenius)? Genius merujuk pada individu yang telah menampilkan kemampuan tingkat tinggi yang luar biasa pada prestasi bermakna, sedangkan giftedadalah secara umum merujuk pada mereka yang menampilkan tanda-tanda atau indikasi kemampuan superior. Jadi, seorang gifted belum tentu orang yang jenius, sebab gifted belum tentu memberikan kontribusi unik pada lingkungannya dalam kurun tertentu, tetapi orang jenius sudah pasti seorang gifted. Contoh orang jenius bisa diwakili oleh Bapak B.J. Habibie yang banyak memberikan kontribusi yang mengagumkan dalam bidang teknologi penerbangan di Indonesia dan dunia, juga berkontribusi atas perkembangan demokrasi di Indonesia.


Lain halnya dengan gifted disinkroni (Asynchronousgifted) yakni individu gifted yang mengalami disinkronitas (ketidakselarasan) dalam tumbuh kembangnya, di beberapa aspek melebihi atau meninggalkan teman sebayanya tetapi di beberapa hal malah tertinggal. Contoh dari individu dengan gifted disinkroni adalah Albert Einstein yang saat kecil terdiagnosa sebagai anak yang menderita autisme karena keterlambatan berbicara (speech delay) namun ternyata setelah dewasa keluar dari kriteria autisme berkomunikasi lancar, bersosialisasi dengan baik, dan menjadi fisikawan dunia yang terkenal dan berprestasi.




Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 5/17/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Giftedness yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top