Motivasi Menulis

Hakikat Pengembangan Kurikulum

Hakikat Pengembangan Kurikulum - Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sistem pendidikan, sebab dalam kurikulum bukan hanya dirumuskan tentang tujuan yang harus dicapai sehingga memperjelas arah pendidikan, akan tetapi juga memerikan pemahaman tentang pengalaman belajar dan peran kurikulum, maka setiap pengembangan kurikulum pada jenjang mana pun harus didasarkan pada asas-asas tertentu.

Hakikat Pengembangan Kurikulum

Fungsi asas atau landasan pengembangan kurikulum adalah seperti fondasi sebuah bangunan. Apa yang akan terjadi seandainya sebuah gedung yang menjulang tinggi berdiri atas fondasi yang rapuh? ya, tentu saja bangunan itu tidak akan tahan lama. oleh sebab itu, sebelum sebuah gedung dibangun, terlebih dahulu disusun fondasi yang kukuh. Semakin kukuh fondasi sebuah gedung, amka akan semakin kukuh pula gedung tersebut.

Layaknya membangun sebuah gedung, amak menyusun sebuah kurikulum juga harus didasarkan pada fondasi yang kuat. Kesalahan menentukan dan menyusun fondasi kurikulum berarti kesalahan dalam menentukan kebijakan dan implementasi pendidikan. Apa yang akan terjadi seandainya terdapat kekeliruan dalam mennetukan kebijakan dan mengimplementasikan sistem pendidikan.

Pengembangan kurikulum pada hakikatnya adalah proses penyusunan rencana tentang isi dan bahan pelajaran yang harus dipelajari serta bagaimana cara mempelajarinya. Namun demikian, persoalan mengembangkan isi dan bahan pelajaran serta bagaimana cara belajar siswa bukanlah suatu proses yang sederhana, sebab menentukan isi atau muatan kurikulum harus berangkat dari visi, misi, serta tujuan yang ingin dicapai; sedangkan menentukan tujaun erat kaitannya dengan persoalan sistem nilai 
Labels: pendidikan

Thanks for reading Hakikat Pengembangan Kurikulum. Please share...!

0 Komentar untuk "Hakikat Pengembangan Kurikulum"

Back To Top