Pengertian Amar Ma’ruf dan Nahi Mungkar

Pengertian Amar Ma’ruf dan Nahi MungkarAmar ma’ruf dan nahi mungkar artinya memerintahkan orang lain untuk berbuat baik dan mencegah perbuatan jahat. Sikap amar ma’ruf dan nahi mungkar akan efektif apabila orang yang melakukannya juga memberi contoh. Karena itu diperlukan persiapan secara sistematik dan melibatkan kelompok orang dengan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan secara terorganisasi.

Disamping sistem dan saran pendukung, amar ma’ruf dan nahi mungkar memerlukan juga kebijakan dalam bertindak. Karena itu Rasulullah memberikan tiga tingkatan, yaitu: 1) menggunakan tangan atau kekuasaan apabila ia mampu. 2) menggunakan lisan, 3) Dalam hati apabila langkah pertama dan kedua tidak memungkinkan.

Bentuk amar ma’ruf dan nahi mungkar yang bersistem diantaranya:
  1. Mendirikan mesjid
  2. Menyelenggarakan pengajian
  3. Mendirikan lembaga wakaf
  4. Mendirikan lembaga pendidikan Islam
  5. Mendirikan lembaga keuangan atau perbankan syariah
  6. Mendirikan media masa Islam, koran, radio, televisi, dan lain-lain.
  7. Mendirikan panti rehabilitasi anak-anak nakal
  8. Mendirikan pesantren
  9. Menyelenggarakan kajian-kajian islam
  10. Membuat jaringan informasi sosial

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 4/02/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Amar Ma’ruf dan Nahi Mungkar yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top