Ciri-Ciri Wanita Sedang Hamil

Ciri-Ciri Wanita Sedang Hamil - Kehamilan merupakan nanugerah dari Allah bagi para wanita yang ingin mempunyai anak. dan kehamilan merupakan tanda dalam rahum seorang calon ibu sudah ada embrio yang tertananam dalam rahimnya, dan artinya Masa-masa awal kehamilan sangat menentukan kesehatan janin dan ibunya. Pada awal kehamilan biasanya menunjukkan ciri-ciri spesifik. Apa saja?  mari kita simak.!

Ciri-ciri wanita sedang hamil


  • Buang Air Kecil Makin Sering & Konstipasi
Saat hamil, janin yang tumbuh di rahim akan menekan kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil pun akan bertambah. Kandung kemih juga lebih cepat dipenuhi urine dan keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering

  •  Morning Sickness
Morning sickness adalah perasaan tidak nyaman pada pagi hari, gejala ini dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Penyebabnya adalah perubahan hormone dalam darah yang mengakibatkan pedih pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual. Rasa mual ini biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan dan akan menghilang sejalan dengan pertambahan usia kehamilan.

  • Masalah penglihatan
Pertambahan hormon menyebabkan mata kering, gatal dan tidak nyaman bagi perempuan yang menggunakan lensa kontak. Ini disebabkan penumpukan cairan yang menyebabkan kornea bengkak. Supaya lebih nyaman, batasi waktu bekerja di depan komputer dan cuci mata lebih sering.

  • Terlambat Haid
Salah satu tanda kehamilan yang paling jelas adalah terlambat datang bulan. Namun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan. Anda bisa saja telat haid karena stres, diet atau gangguan hormonal. Selain itu, beberapa wanita juga bisa mengalami pendarahan atau spotting (timbul bercak darah). Segera konsultasikan ke dokter mengenai masalah tersebut.

  • Sembelit
Sembelit terjadi akibat peningkatan hormon progesterone. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Namun keuntungan dari keadaan ini adalah memungkinkan peyerapan nutrisi yang lebih baik saat hamil.
  • Perut terasa panas 
Perut terasa panas adalah derita umum bagi setiap wanita yang mengandung, terutama pada akhir-akhir bulan kehamilan. Hal tersebut sering dipicu karena makan atau minum sebelum tidur. Pastikan selalu membawa antacid (obat penetral asam perut) ke mana pun Anda pergi.

  • Gejala PMS
Anda merasakan sebuah gejala PMS yang sama dengan yang anda rasakan pada setiap bulan. Seperti perut kambung, nyeri pinggang, nyeri pada payudara, bahkan selera makan yang makin meningkat.

  • Munculnya bercak darah atau flek
Bercak darah ini dapat muncul sebelum periode menstruasi yang akan datang, biasanya hal ini terjadi 8 hingga 10 hari setelah terjadinya ovulasi, bercak darah ini muncul karena implantasi atau menempelnya embrio di dalam dinding rahim. Adanya bercak darah pada saat kehamilan seringkali diistirahatkan sebagai mentstruasi.

Itulah beberapa tanda kehamilan secara umum. semoga bermanfaat.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 2/11/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Ciri-Ciri Wanita Sedang Hamil yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top