Teori Belajar Psikologi Behavioristik

Teori Belajar Psikologi Behavioristik - Teori belajar dari psikologi behavioristik dikembangkan oleh para psikolog behavioristik, mereka sering disebut "Contempory Behaviorists" atau juga disebut "S-R Psychologists". Mereka beranggapan bahwa tingkah laku manusia itu dikendalikan oleh ganjaran "reward" atau penguatan "re inforcement" dari lingkungan. Dengan demikian dalam tingkah laku belajar terdapat jalinan yang erat antara reaksi-reaksi behavioral dengan stimulasinya. Teori belajar ini masih banyak dipraktekkan di sekolah misal: bila kita melatih anak-anak dalam hitungan 5 x 6 (S) = 30 (R), atau dalam geografi Ibukota Republik Indonesia (R) yaitu Jakarta (R)


Ilustrasi

Contoh-contoh seperti ini dapat kita buat atau dicari di semua tingkatan sekolah samapi ke perguruan Tinggi, Latihan-latihan persiapan ujian berbentuk tanya jawab berdasar teori belajar ini. Belajar secara ini bersifat mekanistis.

Guru yang menganut pandangan ini berpendapat bahwa tingkah laku mudrid-murid merupakan reaksi-reaksi terhadap lingkungan mereka masa lalu dan masa sekarang, dan bahw segenap tingkah laku adalah merupakan hasil belajar. Berdasarkan teori ini maka tingkah laku siswa dapat dianalisis dengan mempelajari latar belakang penguatan "reinforcement" terhadap tingkah laku tersebut.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 1/04/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Teori Belajar Psikologi Behavioristik yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top