Analisis Materi Pelajaran

Analisis Materi Pelajaran - Analasis materi pelajaran adalah salah satu bagian dari rencana kegiatan pembelajaran yang berhubungan erat dengan materi pelajaran dan strategi penyajiannya. AMP adalah hasil kegiatan yang berlangsung sejak seorang guru mulai meneliti isi GBPP, lalu mengkaji materi dan menjabarkannya serta mempertimbangkan penyajiannya. Kegiatan AMP adalah selain melakukan kegiatan pemilihan materi pelajaran yang dianggap memiliki power (kekuatan) atau materi essensial, dan juga memikirkan bagaimana terjadinya pemerolehan konsep sehingga mudah diserap dan dipahami siswa. Oleh karena itu sasarn AMP dan komponen utamanya mencankup hal-hal sebagai berikut:

Analisis Materi Pelajaran


  1. terjabarkannya konsep menjadi subkonsep
  2. terpilihnya metode yang efektif dan efesien
  3. terpilihnya saran pembelajaran yang paling cocok
  4. tersedianya alokasi waktu sesuai dengan lingkup materi (kedalaman/keluasan materi)
Dalam pembahasan kedalaman, keluasan materi pelajaran, konsep-konsep yang disusun secara spiral akan lebih mudah dipelajari, karena akan memudahkan didalam pemerolehan konsep, terutama dalam proses asimilasi konsep (penambahan konsep-konsep baru yang relevan). Menurut Ausabel bahwa pemerolehan konsep dapat dibagi dua cara, yaitu formasi konsep (concept formation), dan asimilasi konsep. Gagne menambahkan bahwa formasi konsep dapat disamakan dengan belajar konsep-konsep kongkrit sepeti yang terjadi pada anak-anak sebelum memasuki dunia sekolah. Pembentukan/formasi konsep merupakan proses induktif sebagai bentuk belajar penemuan yang melibatkan proses-proses mental yang menghasilkan generalisasi-generalisasi. Selanjutnya Ausabel menambahkan bahwa asimilasi konsep adalah proses deduktif, yaitu siswa memperoleh penyajian-penyajian atribut dari konsep, kemudian menghubungkan atribut-atribut ini dengan gagasan-gagasan relevan yang sudah ada dalam struktur kognitifnya. Dengan demikian suatu materi pelajaran yang dijadikan wacana untuk siswa semestinya kandungan materi esensial memperhatikan aspek-aspek pembentuk konsep, serta memperhatikan hubungan antara konsep-konsepnya secara jelas agar proses belajar yang terjadi bermakna bagi siswa. 
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 1/03/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Analisis Materi Pelajaran yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top