Pengertian Fobia

Pengertian Fobia - Fobia adalah ketakutan yang cukup kuat dan cukup bertahan untuk mempunyai efek yang cukup parah dan melumpuhkan dalam kehdupan sehari-hari seseorang. Sebagai contoh , fobia terhadap ular menahan orang untuk melakukan berbagai pekrjaan dan menikmati berbagai aktivitas rekreasi. Fobia dan ketakutan dipelajari melalui kontak langsung, generalisasi yang tidak tepat, dan terutama melalui pengalaman observasi. Mereka sulit  untuk dihilangkan karena orang yang mengalami fobia sering kali menghindari objek yang mengancam. Apabila objek yang ditakuti tidak dihadapi, fobia akan bertahan selamanya.


Bandura mengasumsikan bahwa televisi dan media informasi lainnya banyak menciptakan ketakutan kita. Kasus-kasus pemerkosaan, pencurian bersenjata, atau pembunuhan yang dipublikasikan secara luas dapat meneror suatu komunitas, membuat orang hidup dalam keterbatasan di balik pintu terkunci. Kebanyakan orang tidak pernah diperkosa, dirampok, ataupun dilukai dengan sengaja; tetapi banyak yang hidup dalam ketakutan akan diserang oleh kriminalitas. Tindakan kriminal kejam yang terlihat acak dan tidak dapat diprediksikan lebih mungkin untuk meningkatkan reaksi fobia.

Sesaat hal tersebut dikukuhkan, fobia akan bertahan oleh penyebab berikutnya, yaitu penguatan negatif yang diterima oleh orang fobia dengan menghindari situasi yang menyebabkan ketakutan. Sebagai contoh, saat manusia berharap untuk mendapatkan suatu pengalaman yang tidak diinginkan saat berjalan di taman kota, mereka dapat mengurangi rasa terancam dengan tidak memasuki taman atau bahkan berada di sekitarnya. Dalam contoh berikut, perilaku disfungsi (menghindari) muncul dan bertahan oleh interakis mutual dari ekspektasi manusia, lingkungan eksternal, dan faktor perilaku (pengalaman terdahulu dengan rasa takut).
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 12/19/2014

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Fobia yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top