Pendekatan Lingkungan dalam Pembelajaran

Pendekatan Lingkungan dalam Pembelajaran - Pendekatan lingkunga berarti mengaitkan lingkugan dalam suatu proses proses belajar mengajar. Lingkungan digunakan sebagai sumber belajar. Untuk memahami materi yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari sering digunakan pendekatan lingkungan, sebagai contoh untuk memahami interaksi antar organisme, denagn mengambil contoh kejadian nyata di sekeliling, siswa dapat lebih memahami arti interaksi tersebut.

Pendekatan Lingkungan (sumber: http://sutioso.webguruku.com/)


Dalam pembelajarannya tidak selalu siswa diajak ke lingkungan, karena dengan menggunakan pendekatan lingkungan dapat saja guru memberi informasi yang dikaitkan dengan lingkungan, terutama lingkungan sekitar. Belajar melalui pendekatan lingkungan bukan berarti mengeksploitasi terhadap alam, akan tetapi hanya menggunakan jasa alam untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan.
 
Menurut Hidayah (2006) pendekatan lingkungan sebagai salah satu alternatif pendekatan dalam pembelajaran biologi sudah mulai diterapkan. Pendekatan lingkungan sebagai pendekatan dalam pembelajaran biologi juga dapat dipadukan dengan pendekatan lain. Pembelajaran dengan pendekatan lingkungan lebih bermakna bila dikombinasikan dengan pembelajaran kooperatif. Didalam pembelajaran siswa bekerja sama dengan kelompoknya serta saling membantu dalam belajar. Pendekatan lingkungan diwujudkan dengan cara menampilkan contoh-contoh penerapan biologi yang terdapat di lingkungan siswa.

Kelebihan mengajar dengan pendekatan lingkungan alam sekitar, yaitu :
  1. Lebih menarik dan tidak membosankan
  2. Hakikat belajar akan lebih bermakna
  3. Bahan-bahan yang dapat dipelajari lebih kaya serta lebih faktual sehingga kebenarannya lebih akurat
  4. Kegiatan belajar siswa lebih komprehensif dan lebih aktif
  5. Sumber belajar menjadi lebih kaya
  6. Siswa dapat memahami dan menghayati aspek-aspek kehidupan yang ada di lingkungannya.

Kekurangan mengajar dengan pendekatan lingkungan alam sekitar, yaitu :
  1. Volume dan kekuatan suara harus lebih besar, agar dapat ditangkap oleh audiens.
  2. Guru/dosen harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk memusatkan perhatian audiens.
  3. Model pembelajaran harus dibuat menarik, variatif
  4. Sangat tergantung cuaca
  5. konsentrasi audiens kurang
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 12/13/2014

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pendekatan Lingkungan dalam Pembelajaran yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top