Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi 2015

Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi 2015 - Di tahun 2014 ini, walaupun ada pergantian kepemimpinan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Presiden Terpilih 2014 Joko Widodo. Tak membuat program dari presiden SBY tidak berhenti, salah satunya Program Beasiswa Bidik Misi (Beasiswa Pendidikan Mahasiswa Miski Berprestasi), Program Bidik misi akan kembali dilanjutkan di tahun 2015, sasarannya sama bagi Semua rakyat Indonesia yang sudah menyelesaikan pendidikan SMA yang terkendala Finansial, asalkan dia adalah siswa yang berprestasi di sekolahnya.

Bidik Misi 2015

Dikuti dari Website Bidik Misi , persyaratan yang harus dipenuhi bagi pelamar adalah:
Persyaratan: 
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2015;
  2. Lulusan tahun 2014 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Tidak mampu secara ekonomi sebagai berikut:
  • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 per bulan. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir.
  • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya;
5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
6. Berpotensi akademik baik, yaitu direkomendasikan sekolah.
7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu di antara PTN atau PTS dengan ketentuan:
    a. PTN dengan pilihan seleksi masuk:
        1) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
        2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
        3) Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN.
    b. PTS dengan pilihan seleksi masuk di 1 (satu) PTS.

Kuota Mahasiswa Baru
  1. Alokasi kuota mahasiswa baru setiap tahun diusulkan oleh PTN untuk dinilai dan ditetapkan oleh Ditjen Dikti.
  2. Penilaian pada butir (1) dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah mahasiswa baru yang diterima setiap tahunnya dan/atau jumlah mahasiswa di PTN, jenis dan status akreditasi program studi serta pertimbangan lainnya.
  3. Distribusi kuota di PTN meliputi seluruh program studi sesuai peminatan calon mahasiswa.
  4. Hasil distribusi masing-masing program studi yang akan diterima melalui pola Seleksi Nasional atau Seleksi Mandiri ditetapkan oleh masing-masing PTN melalui Surat Keputusan Rektor/Direktur/Ketua dan dilaporkan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud,
  5. Kuota untuk PTS termasuk penentuan program studi dilakukan oleh Ditjen Dikti bersama Kopertis Wilayah dengan kriteria khusus.

Bagi pelamar yang ingin mendaftar segera nantinya untuk menghubungi kepala sekolah/wakil kepala sekolah bagian kesiswaan untuk info lebih lanjut. Selamat Berjuang :)
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 12/14/2014

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi 2015 yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

1 komentar:

Poskan Komentar

Back to top