Motivasi Menulis

Pengertian Intelek dan Inteligensi

Pengertian Intelek dan Inteligensi - Menurut English & English dalam bukunya " A Comprehensive Dictionary of Psychological and Psychoanalitical Terms", istilah intelect berarti antara lain: (1) kekuatan mental di mana manusia dapat berpikir; (2) suatu rumpun nama untuk proses kognitif, terutama untuk aktivitas yang berkenaan dengan berpikir; (3) kecakapan, terutama kecakapan yang tinggi untuk berpikir;.

Ilustrasi: Inteligensi


Menurut kamus Webster New World Dictionary of the American Language, istilah intellect berarti:
  1. kecakapan untuk berpikir, mengamati atau mengerti; kecakapan untuk mengamati hubungan-hubungan, perbedaan-perbedaan, dan sebagainya. Dengan demikian kecakapan berbeda dari kemauan dan perasaan,
  2. kecakapan mental yang besar, sangat intelligence, dan
  3. pikiran atau intelegensi
Istilah inteligensi telah banyak digunakan, terutama di dalam bidang psikologi dan pendidikan, namun secara definitif istilah itu tidak mudah dirumuskan. Banyak rumusan tentang inteligensi, seperti yang dikemukakan oleh Singgih Gunarsa dalam bukunya Psikologi Remaja (1991), ia mengajukan beberapa rumus inteligensi sebagai berikut:
  1. Inteligensi merupakan suatu kumpulan kemampuan seseorang yang memungkinkan memperoleh ilmu pengetahuan dan mengamalkan ilmu tersebut dalam hubungannya dengan lingkungan dan masalah-masalah yang timbul.
  2. Inteligensi adalah suatu bentuk tingkah laku tertentu yang tampil dalam kelancaran tingkah laku.
  3. Inteligensi meliputi pengalaman-pengalaman dan kemampuan bertambahnya pengertian dan tingkah laku dengan pola-pola baru dan mempergunaannya secara efektif.
Wechler (1958) merumuskan inteligensi sebagai"keseluruhan kemampuan individu untuk berpikir dan bertindak secara terarah serta kemampuan mengolah dan menguasai lingkungan secara efektif.
Labels: Psikologi Pendidikan, Psikologi umum

Thanks for reading Pengertian Intelek dan Inteligensi. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Intelek dan Inteligensi"

Back To Top