Motivasi Menulis

Faktor-Faktor Demografi

 Faktor-Faktor Demografi -Selain faktor-faktor ekonomi di atas, tingkat konsumsi dapat juga dipengaruhi faktor nonekonomi (kependudukan). Faktor-faktor demografi yang memengaruhi tingkat konsumsi di antaranya sebagai berikut.

1) Jumlah Penduduk
Jumlah penduduk yang mendiami suatu negara akan memperbesar pengeluaran konsumsi secara menyeluruh. Hal ini dikarenakan, tingkat kosumsi dilihat dari semua pelaku kegiatan ekonomi, yaitu rumah tangga produsen, rumah tangga pemerintah, dan rumah tangga konsumen.

2) Komposisi Penduduk
Komposisi penduduk suatu negara dapat dilihat dari beberapa klasifikasi, di antaranya usia, pendidikan, dan wilayah. Semakin banyak penduduk yang berusia kerja atau usia produktif (15-64 tahun), semakin besar tingkat konsumsi, terutama jika sebagian besar dari mereka mendapat kesempatan kerja yang tinggi, dengan upah yang tinggi. Semakin tinggi tingkat pendidikan masyarakat, tingkat konsumsinya juga semakin tinggi. Pada saat seseorang berpendidikan tinggi, kebutuhan hidupnya semakin banyak. Semakin banyak penduduk yang tinggal di perkotaan (urban), pengeluaran konsumsi juga semakin tinggi. Umumnya pola hidup masyarakat perkotaan lebih konsumtif dibanding masyarakat pedesaan.
Labels: ekonomi

Thanks for reading Faktor-Faktor Demografi. Please share...!

0 Komentar untuk "Faktor-Faktor Demografi"

Back To Top