Pengertian Paragraf Ekspoisisi

Pengertian Paragraf Ekspoisisi - Eksposisi atau penjelasan adalah bentuk tulisan atau retorika yang berusaha untuk menerangkan atau menguraikan suatu pokok pikiran, yang dapat memperluas pengetahuan seseorang (Gorys Keraf:1982:3). Percaya atau tidak para pembaca terhadap apa yang sedang diuraikan dalam suatu tulisan eksposisi, tidaklah penting bagi penulis. Setiap pembaca diperbolehkan menolak dan menerima apa yang dikemukakan penulis, sebab tujuan utama tulisan eksposisi bukan untuk meyakinkan pembaca, tetapi memberi pengetahuan pada pembaca. Karena bertujuan untuk memperluas pengetahuan, gaya bahasa yang digunakan dalam eksposisi gaya bahasa informatif, bahasa pemberitaan atau bahasa tanpa rasa subjektif dan emosional. Penulis berusaha menguraikan sejelas-jelasnya pokok permasalahan, sehingga pembaca dapat memahami yang dimaksud (Gorys Keraf, 1983:5). 

Data-data berupa grafik, statistik, diagram, gambar, organigram, dan lain-lain yang disertakan dalam tulisan eksposisi dimaksudkan untuk memperjelas uraian dan memperluas wawasan pembaca. Tahap awal dalam menyusun suatu tulisan adalah memilih ataumenentukan topik. Apa yang akan kamu tulis atau pokok pembicaraan apa yang akan kamu bahas dalam tulisan kamu, dan sejauh mana batasan pokok persoalan yang akan kamu bahas. 

Untuk memilih suatutopik tulisan eksposisi, kamu perlu mempertimbangkan hal berikut.
1. Topik haruslah menarik sebagai bahan pengetahuan.
2. Kamu harus memahami betul permasalahan topik yang akan kamu bahas atau akan kamu kembangkan.
3. Topik eksposisi sebaiknya bersifat suatu pernyataan ilmiah yang bertumpu pada hasil pengamatan, pengalaman, dan pendapat atau penalaran.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 10/25/2014

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Paragraf Ekspoisisi yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top