Motivasi Menulis

Pendekatan Pedagogis dan Psikologis

Pendekatan Pedagogis dan Psikologis - Pendekatan ini menuntut kita untuk berpandangan bahwa manusia adalah makhluk tuhan yang berada dalam proses perkembangan dan pertumbuhan rohaniah dan jasmaniah yang memerlukan bimbingan dan pengarahan melalui proses kependidikan.

Ilustrasi

Membimbing dan mengarahkan perkembangan jiwa san pertumbuhan jasmani dalam pengertian bahwa pendidikan tidak dapat dipisahkan dari pengertian psikologis. Karena pekerjaan mendidik atau mengajar manusia didasarkan tahap-tahap perkembangan/pertumbuhan psikologis di mana psikologi telah banyak melakukan studi secara khusus dari aspek-aspek kemampuan belajar manusia.

Tanpa didasari dengan pendekatan psikologis, bimbingan, dan pengarahan yang bernilai pedagogis tidak akan menemukan sasaran yang tepat, yang berakibat pada pencapaian produk pendidikan yang tidak tepat pula. antara pedagogik dengan psikologi (dalam hal ini psikologi pendidikan) saling mengembangkan dan memperkokoh dalam proses pengembangan akademiknya lebih lanjut, juga dalam proses pencapaian tujuan pembudayaan manusia melalui proses kependidikan.

Sasaran-sasaran analisis dari pendekatan ini, antara lain:

a. Pendidik
b. Anak didik
c. Alat-alat pendidikan]
d. Lingkungan sekitar
e. Cita-cita/ tujuan

Model-model dalam mengabstrasiskan pendekatan-pendekatan diatas, antara lain:
  • Secara pedagogis, manusia dipandang sebagai hamba yang mulia dan perlu pendidikan agar menjadi makhluk yang paling mulia disisinya
  • Secara Epistomologis, manusia adalh hamba yang diberi kemampuan belajar berkat naluri/ rasa ingin tahu (curiosity)
  • Secara kurikuler (pragmetis), proses kependidikan islam bersifat lentur terhadap tuntunan modernisasi kehidupan mausia
Labels: Ilmu Pendidikan Islam, mata kuliah

Thanks for reading Pendekatan Pedagogis dan Psikologis. Please share...!

0 Komentar untuk "Pendekatan Pedagogis dan Psikologis"

Back To Top