Arti Pengumpulan Data

Arti Pengumpulan Data - Setiap manusia memiliki kecendrurungan untuk melihat apa yang ingin dilihat, mendengar,apa yang ingin didengarkan dan melakukan apa yang menjadi keinginannya. Anggapan dasar ini sering mengganggu peniliti sebagai manusia dalam mengadakan pengamatan. Seperti yang telah disinggung dibab terdahulu bahwa mengamati bukanlah hanya melihat objek. Kerlinger,mengatakan bahwa mengobservasi adalah suatu istilah umum yang mempunyai arti sma bentuk penerimaan data yang dilakukan dengan cara merekam kejadian, menghitungnya,mengukurnya,dan mencatatnya. 

Ilustrasi

Apa yang telah dijelaskan dalam bab sebelum  ini adalah bagaimana peneliti menentukan metode setepat-tepatnya untuk memperoleh data, kemudian disusul dengan cara-cara menyusun alat pembantunya,yaitu instrumen. Menyusun instrumen adalah pekerjaan penting di dalam langkah penelitian. Akan tetapi mengumpulkan data jauh lebih penting lagi, tertama apabila peneliti menggunakan metode yang memiliki cukup besar celah untuk memasuki unsur minat peneliti. Itulah sebabnya menyusun instrumen pengumpulan data harus ditangani secara serius agar diperoleh hasil yang sesuai dengan kegunaannya yaitu pengumpulan variabel yang tepat. Instrumen yang sifatnya masih umum,misalnya pedoman  wawancra dan pedoman pengamatan masih mudah diinterpretasikan (mungkin salah) oleh pengumpul data.

Semakin kurangnya pengalaman pengumpulan data, semakin mudah dipengaruhi oleh keinginan pribadinya,semkain condong (bias) data yang terkumpul. Oleh karena itu,pengumpul data walaupun tampaknya hanya pengumpul data, bukan pemimpin peneliti atau sekertaris yang kelihatan mempunyai jabatan yang cukup penting dan mentereng, harus mempunyai keahlian yang cukup untuk melakukannya. Suatu kebiasaan yang banyak dilakukan oleh perancang penelitian,apabila”ingin melibatkan “ orang-orang /kawan kedalam kegiatan penelitian, memasukkan mereka sebagai pengumpul data.Mengumpulkan data memang pekerjaan yang melelahkan dan kadang-kadang sulit. Berjalan dari rumah ke rumah mengadakan interview atau membagi angket, belum lagi kalau satu dua kali datang belum berhasil bertemu dengan orang yang dicari, sungguh merupakan pekerjaan yang membosankan dan memerlukan ketahanan mental. Kadang-kadang dari jauh  ke suatu sekolah, kantor, atau tempat,disambut dengan dingin, bahkan kadang-kadang raut wajah yang kecut merupakan suatu ujian mental yang tidak ringan, yang dapat membawa berat keputusan dan kegagalan dalam penelitian. Pekerjaan seperti ini sering diberikan kepada pembantu peneliti yunior, sedangkan para senior cukup membuat desain,menyusun instrumen, mengolah data, dan mengambil kesimpulan. Yang dipengaruhi oleh faktor siapa yang bertugas mengumpulkan data. Jika pengumpul data melakukan sedikit kesalahan sikap dalam interviu misalnya, akan mempengaruhi data yang diberikan oleh responden. Kesimpulannya dapat salah. Maka mengumpulkan data merupakan pekerjaan yang penting dala meneliti.

Kegiatan pengumpulan data pada prinsipnya merupakan kegiatan penggunaan metode dan instrumen yang telah ditentukan dan diuji validitas dan reliabilitasnya. Secara sederhana, pengumpulan data diartikan sebagai proses atau kegiatan yang dilakukan peneliti untuk mengungkap atau menjaring berbagai fenomena, informasi atau kondisi lokasi penelitian sesuai dengan lingkup penelitian. Dalam prakteknya, pengumpulan data ada yang dilaksanakan melalui pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Dengan kondisi tersebut, pengertian pengumpulan data diartikan juga sebagai proses yang menggambarkan proses pengumpulan data yang dilaksanakan dalam penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif.

Data dapat didefenisikan sebagai deskripsi dari suatu dan kejadian yang kita hadapi. Data dapat berupa catatan-catatan dalam kertas, buku, atau tersimpan sebagai file dalam database. Data akan menjadi bahan dalam suatu proses pengolahan data. Oleh karena itu, suatu data belum dapat berbicara banyak sebelum diolah lebih lanjut.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 9/30/2014

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Arti Pengumpulan Data yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top