Arti Kata Sengkang

Dulu jika saya ditanya apa itu Sengkang ? paling-palingan saya akan menjawab bahwa sengkang itu sebuah kota kecil, yang merupakan ibukota kabupaten Wajo, Kabupaten yang terkenal dengan danau Tempenya. Yang merupakan bagian dari kerajaan wajo pada jaman dahulu, karakteristik alam nya sangat khas, sampai-sampai La Tadampare Puang Ri Maggalatung (1491-1521) membuat sebuah syair yang berbunyi : mangkalungu ri bulu'E, massulappe ripottanangngE ma matodang ritasi'E, ri tapparengngE. Artinya : daerah ini merupakan negeri yang subur dan nyaman. Ibarat seorang tidur, maka ia berbantalkan gunung dan hutan, memeluk lembah, dan kakinya menyentuh danau atau air laut.

Logo Kabupaten Wajo


Terlalu keasyikan nih ternyata berbicara tentang wajo, sampai-sampai keluar dari judul sebenarnya hehehe yuk kita kembali ke topiknya J

Nah jadi apa arti kata Sengkang ?

Dalam berbagai sumber yang saya dapatkan, bahwa kata Sengkang berasal dari kata singkang yang berarti singgah atau tempat persinggahan, jika dilihat dari segi bahasa Makassar  kata persinggahan juga disebut oleh orang Makassar dengan kata sengka [ mirip kan ], memang jika menilik ke sejarahnya sengkang merupakan tempat persinggahan, karena memang daerahnya yang strategis sebagai tempat persinggahan orang-orang dulu.

Pusat kota Sengkang


Bukan hanya jaman dahulu saja saat kerajaan Wajo Berkuasa, jaman sekarang pun orang-orang banyak tertarik untuk “singgah” di sengkang, karena di sengkang banyak hal-hal yang menarik, seperti kain suteranya, kain sutera sengkang ini biasa disebut lipa sabbe, yang menjadi daya tariknya karena kainnya yang halus dan juga pengerjaannya juga menggunakan alat tradisional.

Danau Tempe


Hal lain yang menjadi daya tarik orang untuk singgah di Sengkang adalah keindahan danau tempenya. Danau yang terletak 7 km dari pusat kota Sengkang, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, bagaimana tidak, danau ini merupakan penghasil ikan terbesar di Dunia. Bayangkan Di DUNIA ! WOW !. Pada tanggal 23 Agustus setiap tahunnya, selalu diadakn Festival Laut yang dikenal dengan nama maccera tappareng yaitu upacara menyucikan yang ditandai dengan pemotongan sapi. Disamping itu para peserta upacara menggunakan baju Khas Bugis-Makassar [baju bodo].

Jadi hal-hal itulah yang diatas yang memaknai kata Sengkang sesungguhnya, dan satu lagi yang patut kita tahu bahwa orang Sengkang atau Wajo secara umum memiliki sebuah semboyan yaitu Maradèka to Wajo’è, najajiang alèna maradèka, tanaèmi ata, naia to makkètanaè maradèka maneng, ade’ assamaturusennami napopuang.

yang artinya : Orang Wajo itu merdeka dan dilahirkan merdeka. Hanya tanah yang menjadi budak sementara manusia yang hidup di atasnya adalah merdeka. Hanya adat permufakatan atau konstitusi yang berhak dipatuhi.

Mantap kan !  ungkapan diatas diungkapkan oleh sang Puang ri Maggalantung yaitu arung matoa wajo.
Kesimpulannya kalau ada lagi yang bertanya apa arti kata sengkang ? bisama jawabki bahwa sengkang bermakna tempat persinggahan [ets logatka haha].
^_^
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 9/13/2012

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Arti Kata Sengkang yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top