Bina Akrab Bidik Misi UIN Alauddin

Bidik MisiHari sabtu 8 Oktober 2011, bertempat di Audotorium UIN Alaudddin diadakan bina akrab antara penerima Bidik Misi tahun 2011 (angkatan ke-2) dengan penerima Bidik Misi tahun 2010 (angkatan ke-1),serta pemerintah Provinsi Sulsel dan civitas akademik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Hadir sebagai wakil pemerintah di acara ini adalah Andi Andry Arief Bulu Dg.Nakku selaku wakil ketua DPRD Provinsi SULSEL dan juga sebagai duta baca Makassar. Juga hadir general manager program Gerakan Makassar Gemar Membaca (GMGM) pak Yudi yang bertindak sebagai moderator dari Pak AAB (sapaan akrab Andry Arief Bulu). Wakil dari akademik UIN Alauddin adalah Ibunda Nuraeni Gani selaku kepala biro bagian akademik UIN.


Acara Bina Akrab (ta’aruf)  ini merupakan rangkaian dari penyambutan Mahasiwa baru Program Bidik Misi UIN angkatan 2011. Acara ini diawali oleh materi yang diberikan oleh Pak AAB, tapi sebelum beliau memberikan materi , Pak Yudi memberikan senam kecil-kecilan yang membuat para peserta terbahak-bahak , juga diputarkan Video bagaimana situasi di negeri ini baik yang membuat kita takjub dan yang membuat kita sedih melihatnya. Dalam materi yang diberikan Pak AAB, beliau hanya sedikit memberikan motivasi dan mengajak para mahasiswa untuk memulai pendidikan dalam usia muda. Wakil ketua DPRD ini juga berpesan bahwa bukan golongan besar, bukan golongan berkuasa yang dapat meraih kesuksesan, yang dapat mampu meraih kesuksesan itu adalah orang yang mampu menjaga eksistensi perubahan. Dan 3 Pesan yang paling beliau utamakan yaitu : Aktif, Amanah dan Bersahaja. Karena dari pesan AAB itu (seperti singkatan namanya) kita sebagai calon penerus bangsa bisa mengembangkan potensi dari negara kita ini. Terakhir duta baca Makassar ini menyampaikan kepada Mahasiswa Bidik Misi UIN janganlah berpikir untuk selalu ingin jadi PNS, berusahalah menjadi seorang pengusaha atau seorang entrpreneur Muda dan Pak AAB juga berjanji kepada kami mahasiswa Bidik Misi UIN Alauddin untuk memfasilitasi sebuah pelatihan/workshop menjadi seorang pengusaha muda, ini juga merupakan permintaan dari Ibunda Eni.

Materi kedua dibawakan oleh Ibunda Nuraeni Gani tentang penjelasan/orientasi Bidik Misi. Beliau dalam materinya menjelaskan kepada mahasiswa tentang landasan, visi, misi, dan Tujuan dari program  Beasiswa Bantuan Pendidikan Mahasiswa miskin dan Berprestasi (Bidik Misi). Dalam penjelasannya di UIN pada tahun 2010 hanya diberi jatah 90 orang, pada tahun 2011 pemerintah khususnya Kementrian Pendidikan Nasional yang bekerja sama dengan Kementrian Agama melalui APBN-P menambah jatah UIN 50 0rang atau menjadi 140 orang dan Ibunda berharap pada tahun 2012 jatah UIN Alauudin bisa mencapai 200 orang.

Materi ketiga dibawakan oleh salah satu penerima Bidik Misi yaitu Kak Ilmi. Materi yang ia bawakan ialah tentang Kemahasiswaan. Beliau sendiri lebih menekankan bahwa mahasiswa itu harus R.A.K.U.S yaitu Rasional, Analisis, Kritik, Universal, dan Sistematis.
Acara terakhir adalah perkenalan dan games. Dalam games ini kami sekali-kali tertawa karena ulah dari salah satu mahasiswa.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 10/09/2011

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Bina Akrab Bidik Misi UIN Alauddin yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

1 komentar:

Poskan Komentar

Back to top