Motivasi Menulis

Tata cara dan Panduan Sholat Witir

Tata cara dan Panduan Sholat WitirShalat witir adalah salah satu shalat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan di bulan Ramadhan. Shalat witir dilakukan setelah shalat tarawih dan sebelum shalat wajib subuh. 

Sholat Witir
Tata cara dan Panduan Sholat Witir


Anjuran untuk mengerjakan sholat witir sudah diterangkan dalam salah satu hadits Rasulullah SAW. Sholat witir termasuk dalam tiga wasiat sholat yang tidak pernah ditinggalkan olehnya. Berikut bunyinya,

أَوْصَانِي خَلِيلِي بِثَلَاثٍ لا أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ : صَوْمِ ثَلاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

Artinya: "Rasulullah mewasiatkan kepadaku tiga hal yang tidak akan aku tinggalkan selama hidupku, yaitu sholat dhuha, berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, dan sholat witir sebelum tidur." (HR Bukhari dan Muslim)

Berikut adalah tata cara shalat witir beserta niatnya dalam bulan Ramadhan.

  1. Niat

Sebelum memulai shalat witir, kita harus membuat niat terlebih dahulu. Niat shalat witir dapat dibaca dalam hati atau diucapkan dengan lisan. 

Niatnya

اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلَاثَ رَكْعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Ushalli sunnatal witri tsalâtsa raka'âtin mustaqbilal qiblati adâ'an lillâhi ta'âlâ

Artinya: "Aku menyengaja salat sunah salat witir tiga rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah Ta'ala,"

  1. Wudhu

Seperti halnya shalat lainnya, shalat witir juga memerlukan wudhu. Bersihkan diri dengan mencuci tangan, wajah, kedua tangan hingga siku, kepala, telinga, kaki hingga mata kaki. Pastikan juga untuk membasuh bagian yang diperlukan sesuai dengan tata cara wudhu yang benar.

  1. Shalat Tahajjud

Sebelum shalat witir, disarankan untuk melakukan shalat tahajjud terlebih dahulu. Shalat tahajjud dilakukan setelah tidur malam dan sebelum waktu subuh. Shalat tahajjud dilakukan untuk meningkatkan kualitas ibadah dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

  1. Shalat Witir

Setelah shalat tahajjud selesai, kita dapat memulai shalat witir dengan membaca niat yang telah dibuat. Shalat witir terdiri dari dua rakaat dengan salam pada setiap rakaatnya. 

Pada dasarnya, tata cara pelaksanaan sholat witir sama dengan tata cara pelaksanaan sholat seperti biasa. Dimulai dari membaca niat, kemudian diakhiri dengan salam. Ini rinciannya,

  • Membaca niat
  • Takbiratul Ihram
  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca surat pendek
  • Rukuk
  • Iktidal (membaca doa qunut pada rakaat terakhir)
  • Sujud
  • Tahiyat akhir
  • Salam

Setelah salam, biasanya sholat witir ditutup dengan membaca doa sholat witir sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya. Di samping itu, ada kebiasaan Rasulullah SAW dalam memilih bacaan surah Al-Qur'an saat beliau mengamalkan sholat witir 3 rakaat.

Demikianlah tata cara shalat witir beserta niatnya dalam bulan Ramadhan. Dengan menjalankan shalat witir, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.

Labels: islam

Thanks for reading Tata cara dan Panduan Sholat Witir. Please share...!

0 Komentar untuk "Tata cara dan Panduan Sholat Witir"

Back To Top