Motivasi Menulis

Arti Penting Pendidikan

Arti Penting Pendidikan - Pendidikan adalah suatu ilmu yang kita pelajari. Dengan adanya pendidikan kita dapat mempelajari dan mengetahui tentang ilmu-ilmu yang penting.Pendidikan sangat penting kita dapatkan, karena jika kita tidak mengetahui dan mendapatkan ilmu kita akan mudah di tipu dan di permainkan oleh orang. Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita,ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan. Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu sangat penting.  Banyak ilmu yang dapat kita pelajari seperti : matematika, bahasa indonesia, biologi,bahasa inggris,kimia, fisika dan masih banyak lagi ilmu pendidikan yang harus kita pelajari.

Arti Penting Pendidikan


Secara umum, pendidikan dapat dikategorikan menjadi pendidikan formal dan non-formal. Pendidikan formal dilaksanakan melalui institusi formal, sedangkan non-formal melalui institusi non-formal. Dalam zaman yang semakin kompleks, tuntutan akan pentingnya pendidikan semakin besar mengingat arus perkembangan dunia yang semakin cepat. Bahkan ada yang mengatakan bahwa jika pendidikan berhenti, maka berhentilah dunia ini.

Artinya, selama dunia masih tetap ada, maka pendidikan akan selalu berlangsung. Hal ini diperlukan karena pendidikan merupakan tuntutan kehidupan yang membutuhkan tanggapan yang cermat dalam mencerdaskan bangsa sehingga mampu menghadapi tuntutan global. Tuntutan-tuntutan global yang harus dijawab oleh lembaga pendidikan di antaranya adalah sebagai berikut.

1) Kebutuhan ekonomi yang semakin meningkat.
2) Munculnya modernisasi dan globalisasi.
3) Pertambahan penduduk yang semakin meningkat.
4) Terjadinya krisis moral dan kebudayaan.
5) Semakin sempitnya lapangan pekerjaan.
6) Tuntutan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
7) Perlunya pencerahan agama.
8) Perkembangan ideologi.
9) Munculnya masalah-masalah sosial, dan lain-lain.
Labels: sosiologi

Thanks for reading Arti Penting Pendidikan. Please share...!

0 Komentar untuk "Arti Penting Pendidikan"

Back To Top