Motivasi Menulis

Perubahan Pola Kerja

Perubahan Pola Kerja - Manusia hidup untuk bekerja, inilah slogan yang sering di dengungkan oleh orang bijak. Jenis pekerjaan tiap-tiap orang tentunya berbeda bergantung pada kemampuan, sarana-prasarana, dan kesempatan pada setiap orang. Masyarakat Indonesia yang dikarunia Tuhan Yang Maha Esa alam yang subur dan indah serta laut yang luas dengan kekayaannya yang tak terkira, mendorong masyarakat Indonesia untuk bekerja dalam bidang yang cenderung sama, yaitu bertani bagi masyarakat desa dan menjadi nelayan bagi masyarakat yang hidup di tepi pantai.

Perubahan Pola Kerja

Kemajuan teknologi membawa dampak baru bagi masyarakat, yaitu industri-industri yang maju dan modern. Industri yang didukung dengan ilmu pe ngetahuan dan teknologi yang tinggi jelas me muncul kan nilai keuntungan yang lebih besar. Oleh karena itu, banyak lahan pertanian yang berubah menjadi pabrik maupun perkantoran modern. Anak-anak para petani tidak lagi mau menjadi petani, karena bertani kurang dapat mendapatkan hasil yang memuaskan dibandingkan dengan bekerja dalam sektor industri.

Pemenuhan tenaga kerja dan berkembangnya tingkat kebutuhan masyarakat akhirnya mendorong perempuan untuk bekerja di luar rumah. Hal itu dulu dianggap tabu bagi wanita. Bahkan, ada beberapa perempuan menunda pernikahan atau menunda kehamilannya atau kalaupun ia melahirkan ia ingin cepat-cepat kembali dalam dunia kerja. Bekerjanya para perempuan di luar rumah membawa dampak terhadap fungsi dan peran orang tua di rumah.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong perubahan yang besar dalam bentuk dan pola tata kerja. Pada saat ini ada kecenderungan orang untuk tidak bekerja lagi di kantor, tetapi bekerja di rumah dengan menggunakan fasilitas teknologi komunikasi, seperti internet. Pada saat ini kesuksesan tiap-tiap individu dalam mendapatkan pekerjaan harus didukung oleh keterampilan dan pengetahuan yang luas terutama dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Labels: Pendidikan Kewarganegaraan

Thanks for reading Perubahan Pola Kerja. Please share...!

0 Komentar untuk "Perubahan Pola Kerja"

Back To Top