Motivasi Menulis

Pengertian Homofobia

Pengertian Homofobia - Homofobia ialah suatu ketakutan yang irasional dan reaksi emosional yang negatif terhadap homoseksualitas yang menampakkkan dirinya dalam bentuk memandang jijik, menghukum, benci kepada gay laki-laki dan lesbian.

Budaya masyarakat yang dominan mempengaruhi semua manusia termasuk gay laki-laki dan lesbian. Setiap orang mengalami proses sosialisasi yang homofobik. Sehingga semua manusia, dengan tingkat-tingkat yang berbeda, menginternalisasikan ketakutan dan penolakan mereka terhadap homoseksualitas. Individu-individu mengalami berbagai tingkat perasaan-perasaan homofobik. Perasaanperasaan ini mengakibatkan berbagai reaksi perilaku antara lain seperti: membenci dan bermusuhan, berprasangka buruk dan menolak, memberi toleransi tetapi tetapmenstereotipkan, menerima secara sadar tetapi memiliki  bias yang tidak disadari, dan menghormati serta menghargai perbedaan.

Homofobia, dan fobia-fobia yang lain seperti bifobia dan transfobia, memiliki implikasi yang serius bagi penyelenggaraan pelayanan sosial. Pekerja sosial harus mengenal dirinya sendiri—nilai-nilai, gaya hidup, dan seksualitasnya—agar dapat menerima orang lain yang nilainilai, gaya hidup, dan seksualitasnya barangkali berbeda.

Dalam pekerjaan sosial, pengabaian dan prasangka buruk mengarah kepada pengidentifikasian masalah yang tidak akurat (yang menganggap secara keliru bahwa homoseksualitas ialah masalah), tujuan-tujuan intervensi yang tidak tepat (keliru menetapkan target penyembuhan bagi penyimpangan seksual), dan penyelenggaraan pelayanan sosial yang tidak benar (kurang peka terhadap meluasnya homophobia dalam penyelenggaraan pelayanan sosial).
Labels: Pekerjaan Sosial

Thanks for reading Pengertian Homofobia. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Homofobia"

Back To Top