Motivasi Menulis

Pengertian Asosiasi atau Perkumpulan

Pengertian Asosiasi atau Perkumpulan - Perkumpulan atau asosiasi merupakan suatu kelompok (group) yang di bentuk secara sadar untuk tujuan-tujuan khusus. Perkumpulan dapat terbagi menjadi paguyuban (gemeinschaft) dan patembayan (gesellschaft). Paguyuban adalah bentuk kehidupan bersama yang anggota-anggotanya terikat oleh hubungan batin yang murni dan bersifat alamiah serta bertahan lama. Dasar hubungannya adalah rasa cinta dan rasa kesatuan. Bentuk paguyuban dapat dijumpai di dalam keluarga, kelompok kekerabatan, dan rukun tetangga. Bentuk dari perkumpulan ini misalnya perkumpulan keluarga orang-orang Papua yang ada di Jakarta atau Makassar.

Asosiasi atau perkumpulan

Pewarisan budaya dalam lingkungan ini lebih bersifat emosi kedaerahan dalam usaha untuk melestarikan atau memper tahankan eksistensi budaya daerahnya. Anggota dari perkumpulan ini memiliki semangat kedaerahan yang kuat agar kebudayaan daerahnya tetap ada dan tidak punah bahkan lebih berkembang lagi.

Adapun gesselschaft atau patembayan merupakan ikatan lahir yang bersifat pokok untuk jangka waktu yang pendek, bersifat sebagai suatu bentuk dalam pikiran belaka (imaginary) serta strukturnya bersifat mekanis layaknya sebuah mesin. Contohnya adalah organisasi dalam suatu pabrik atau industri, ikatan remaja masjid, dan ikatan mahasiswa daerah tertentu. Orang yang ada di patembayan akan tetap
Labels: antropologi

Thanks for reading Pengertian Asosiasi atau Perkumpulan. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Asosiasi atau Perkumpulan"

Back To Top