Motivasi Menulis

Faktor-Faktor Terbentuknya Masyarakat Multikultural

Faktor-Faktor Terbentuknya Masyarakat Multikultural - Struktur masyarakat Indonesia yang multikultural dapat dilihat dari dua ciri yang bersifat unik. Secara horizontal, masyarakat Indonesia dicirikan oleh kenyataan-kenyataan adanya kesatuan-kesatuan sosial berdasarkan perbedaan suku bangsa, agama, dan adat istiadat serta perbedaan-perbedaan kedaerahan lainnya. Secara vertikal, struktur masyarakat Indonesia dicirikan oleh adanya perbedaan-perbedaan vertikal antara lapisan atas dan lapisan bawah yang cukup tajam.

Masyarakat Multikultural

Struktur masyarakat Indonesia yang majemuk menimbulkan masalah tentang bagaimana masyarakat Indonesia terintegrasi pada tingkat nasional. Kemajemukan masyarakat yang bersifat multidimensional itu akan dan telah menimbulkan masalah tentang bagaimana masyarakat Indonesia terintegrasi secara horizontal. Sementara itu, stratifikasi sosial sebagaimana yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia akan memberi bentuk pada integrasi nasional yang bersifat vertikal.

Keadaan multikultural dalam masyarakat Indonesia antara lain disebabkan oleh faktor letak wilayah Indonesia, letak dan keadaan geografis setiap wilayah berbeda, perkembangan dan kemampuan daerah yang tidak sama, dan perbedaan sikap dalam menyerap unsur budaya asing.
Labels: sosiologi

Thanks for reading Faktor-Faktor Terbentuknya Masyarakat Multikultural. Please share...!

0 Komentar untuk "Faktor-Faktor Terbentuknya Masyarakat Multikultural"

Back To Top